Selasa, 18 Desember 2018 |
News Gallery - Kuliner

Memasak Bubur Sumsum Agar Tidak Menggumpal, Cuma Butuh 3 Langkah Ini

Sabtu, 10 Mar 2018 | 10:01 WIB Dibaca: 18681 Pengunjung

Bubur sumsum.*

[NEWSmedia] - Bubur sumsum yang nikmat adalah yang bertekstur lembut dan tidak menggumpal. Disantap dengan kucuran saus gula merah makin legit rasanya. Bubur sumsum pun bisa dinikmati sebagai menu sarapan, bisa juga dijadikan kudapan.

Memasak bubur sumsum sebenarnya gampang-gampang susah. Kelihatannya memang menu yang sederhana. Tapi kalau ada satu saja kesalahan dalam membuatnya, bubur sumsum pun jadi menggumpal. Nah, agar bisa memasak bubur sumsum yang lembut, cuma butuh tiga langkah sederhana. Selengkapnya, yuk ikuti keterangannya di sini.

1. Pilih tepung beras dengan warna putih mengkilat
Kunci bubur sumsum yang lezat adalah tepung beras yang berkualitas. Gunakan tepung yang tidak berbau apek dan warnanya putih mengkilat. Imbangi juga dengan pemilihan santan yang berkualitas baik. Lebih disarankan menggunakan santan segar daripada santan kemasan.

2. Larutkan tepung beras sebelum dipanaskan
Maksudnya adalah larutkan atau cairkan dulu tepung beras dengan sebagian santan di mangkuk terpisah terlebih dahulu. Aduk dan larutkan sampai licin. Baru setelah itu pindahkan ke panci untuk dipanaskan. Dengan begini, tepung beras tidak akan mudah menggumpal dan bisa menghasilkan bubur yang lembut.

3. Aduk adonan tepung dengan api sedang
Di panci, masukkan lagi sisa santan. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Kemudian masak dengan api sedang. Jangan lupa untuk terus diaduk sampai kental dan mendidih. Pastikan memasaknya sampai meletup-letup ya agar buburnya nanti tidak menimbulkan bau tepung yang masih mentah. Kalau tidak sampai mendidih, dikhawatirkan nanti bubur yang dihasilkan masih berbau apek dan pastinya tidak enak di mulut. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Memasak Bubur Sumsum Agar Tidak Menggumpal, Cuma Butuh 3 Langkah Ini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top