Sabtu, 27 Februari 2021 |
News Room - Peristiwa

Megawati Ajak 6 Pasang Calon Kepala Daerah 'Jagoan' PDIP Nyekar ke Makam Bung Karno

Senin, 10 Okt 2016 | 16:44 WIB Dibaca: 1355 Pengunjung

Rombongan Megawati Soekarnoputri bersama 6 pasang calon kepala daerah dari PDIP berziarah di makam Bung Karno, Senin (20/10/2016). (Foto: Istimewa)

BLITAR, [NEWSmedia] - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memboyong enam pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2017, berziarah ke makam Presiden RI Soekarno di Blitar, Jawa Tengah, Senin (10/10).

Enam pasang calon kepala daerah yang diajak berziarah ke makam ayah Megawati itu adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot S Hidayat (DKI Jakarta), Rano Karno-Embay Mulya Syarief (Banten), Hana Hasanah Fadel-Tony Yunus (Gorontalo), Rustam Effendi-Irwansyah (Bangka Belitung), Alu Masdar (Sulawesi Barat), dan Dominggus Mandacan (Papua Barat).

Rombongan Megawati berangkat dengan pesawat khusus dari Bandara Halim Perdana Kusuma, tadi pagi, dan mendarat di Malang, untuk selanjutnya menuju Blitar melalui jalur darat.

Wakil Sekertaris Jenderal PDIP Achmad Basarah mengatakan, ziarah itu merupakan tradisi PDI Perjuangan untuk menguatkan spirit perjuangan.

“Ini sudah menjadi hal rutin bagi Bu Mega bersama jajaran PDIP lainnya saat hendak memasuki hari besar keagamaan maupun ketika menjelang pemilu dan pilkada,” ujar Basarah.

Basarah juga mengatakan, ziarah ke makam Proklamator RI itu juga punya tujuan lain. Yakni mengingatkan mereka semua agar dalam mengikuti proses pilkada nanti tidak menggunakan cara-cara yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia.

“Apalagi menggunakan cara-cara yang dapat merusak eksistensi dan keutuhan NKRI seperti mengeksploitasi isu SARA (suku, agama, ras, antar-golongan,red) dan sebagainya,” tuturnya.

Selain itu, ziarah juga demi mengingatkan para calon kepala daerah agar jika kelak terpilih benar-benar mengimplementasikan amanah untuk mewujudkan Trisakti gagasan Bung Karno. “Termasuk Ahok,” ucap Basarah.

Tepat pukul 13.15 WIB, Megawati bersama rombongan masuk ke kompleks permakaman Bung Karno.

Gerimis langsung mengguyur ketika Megawati mulai bersimpuh di samping kanan pusara Bung Karno. Di samping kanannya ada Hasna Hasanah Fadel, calon Gubernur Gorontalo. Sementara Ahok duduk bersila di samping kanan Hasna. Di hadapan Megawati ada Rano Karno (calon Gubernur Banten) didampingi Embay Mulya Syarief (calon Wakil Gubernur Banten).

Setelah berdoa di makam Bung Karno, Megawati melanjutkan berdoa ke pusara neneknya, Ny Ida Aju Njoman Rai Soekemi Sosrodihardjo. Selanjutnya, Presiden RI Kelima itu berpindah ke makam kakeknya, Soekemi Sosrodihardjo yang juga ayah Bung Karno.

Setelah prosesi ziarah tuntas, Mega, Ahok dan Djarot Saiful Hidayat membicarakan sebuah batu besar di pusara Bung Karno.

Djarot yang mantan Wali Kota Blitar itu menjelaskan tentang batu mengilap bertuliskan ‘DI SINI DIMAKAMKAN BUNG KARNO’. [RB/02]

Penulis: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Megawati Ajak 6 Pasang Calon Kepala Daerah 'Jagoan' PDIP Nyekar ke Makam Bung Karno
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top