Rabu, 18 Juli 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Mau Liburan Bulan Depan? Ini Event Wisata Tanah Air

Selasa, 20 Mar 2018 | 17:28 WIB Dibaca: 244 Pengunjung

Seba Baduy.*

[NEWSmedia] - Kementerian Pariwisata telah menetapkan 2018 sebagai Tahun Visit Wonderful Indonesia. Seratus wonder event, serta sepuluh top event telah dipilh oleh kurator sesuai dengan kriteria untuk ditampilkan selama setahun ini.

Seratus acara ini akan mempertunjukkan keindahan alam dan keunikan budaya Nusantara Indonesia. Bulan depan, April telah dijadwalkan dua belas festival yang akan digelar di sejumlah daerah di Indonesia. 

Bagi Anda yang merencanakan liburan bulan depan, beberapa festival ini bisa menjadi referensi traveling Anda. 

Berikut ini beberapa jadwal atau agenda sepanjang bulan April. 

1. Bali Spirit Festival

Bali Spirit Festival mewujudkan mantra inti Hinduisme Bali-Tri Hita Karana untuk hidup selaras dengan lingkungan spiritual, sosial, dan alam. Beberapa event menarik yang diselenggarakan selama satu minggu, dari tanggal 2 sampai 8 April 2018. 

Beberapa kegiatan seru seperti tradisi yoga, tari, penyembuhan dan musik dunia. Festival lima hari tujuh malam memberi Anda berbagai acara untuk dipilih antara pukul 08:00-11:00 setiap hari.

2. Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF)

Diselenggarakan pada 5 April 2018 hingga 6 Mei 2018 di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tema besar mode dan kuliner JFFF diwujudkan pada tiga rangkaian utama acara, yaitu fashion extravaganza, food festival, dan Gading nite carnival.

Event ini juga dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk menikmati beragam karya anak bangsa sekaligus mendukung gerakan cinta produk tanah air.

3. Festival Tambora di Nusa Tenggara Barat 

Festival yang diselenggarakan sejak tahun 2015 ini awalnya merupakan event untuk memperingati 200 tahun ledakan Tambora pada tahun 1815. 

Yang mana letusan Tambora memengaruhi iklim bumi dan mengubah jalannya peradaban. Festival dihelatkan di Sabana Ndoro Canga dan disertai perlombaan maraton ekstrem hingga peziarahan budaya Tambora. 

4. Halo Sultra

Event ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam event ini pada 23-27 April 2018 antara lain :

- Expo Halo Sultra (pameran produk unggulan daerah)
- Sultra tenun karnaval
- Gelar seni budaya
- Pemilihan putra putri pariwisata
- Wisata kuliner

5. Exciting Banten Festival (Seba Badui)

Upacara Seba digelar setelah musim panen dan menjalani ritual Kawalu selama tiga bulan. Pada saat ritual Kawalu, wisatawan dilarang memasuki wilayah Baduy Dalam di tiga kampung, yakni Cibeo, Cikartawana dan Cikeusik.

Selama ratusan tahun hingga sekarang, Upacara Seba terus dilaksanakan setahun sekali, berupa menghantar hasil bumi (padi, palawija, buah-buahan, gula aren, dan lain-lain). Dalam setiap upacara Seba warga Baduy memberikan pesan untuk selalu menjaga kelestarian alam, hutan, dan lingkungan, kepada Ibu Gede atau Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, dan Bapak Gede atau Gubernur Banten. Untuk kegiatan ini akan digelar pada tanggal 30 April 2018.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mau Liburan Bulan Depan? Ini Event Wisata Tanah Air

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top