Sabtu, 25 November 2017 |
News Room

Masyarakat Suku Baduy Deklarasi Setia ke Pancasila

Jumat, 18 Agt 2017 | 11:38 WIB Dibaca: 554 Pengunjung

Pembacaan deklarasi setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika oleh warga Baduy, di Ciboleger, Kamis (17/8/2017).*

LEBAK, [NEWSmedia] - Masyarakat suku adat Baduy yang berada di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak mendeklarasikan setia terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Deklarasi dilakukan di Ciboleger, pintu masuk kampung Baduy, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia (HUT RI), Kamis (17/8/2018).

Acara deklarasi dihadiri Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija, Kapolsek Leuwidamar AKP Adil Pasaribu, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto dan Kapolda Banten, Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo.

Deklarasi dibacakan seperti halnya pelaksanaan upacara, namun dengan bahasa Sunda khas di sana.
Berikut naskah deklarasinya:
1. Satia tur nyekel teguh kana Pancasila jeung UUD 1945
2. Siap mertahankeun keutuhan NKRI
3. Ngajaga persatuan jeung kesatuan bangsa dina ngajungjung luhur Bhineka Tunggal Ika

Yang artinya:
1. Setia dan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945
2. Siap mempertahankan keutuhan NKRI
3. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan juga menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika

Kapolda Banten, Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo mengatakan, suku adat Baduy sebagai salah satu komponen bangsa Indonesia turut berperan besar dalam pembangunan serta menjaga kelestarian nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

"Peran besar suku Baduy bukan sekedar ucapan, kita melihat rasa cinta tanah air terus tumbuh subur yang salah satunya ditandai dengan eksistensi pemuda Baduy dalam mengabdi pada bangsa dan negara dengan menjadi anggota Polri, hal ini membuktikan Baduy memiliki daya saing yang tinggi," kata Sigit usai menyaksikan deklarasi.

Ia juga menilai, suku Baduy mampu memupuk rasa kekeluargaan, mengikis rasa permusuhan dan memelihara budaya dan kearifan lokal serta menjaga kelestarian alam.

"Berbagai peran tersebut tentu tidak terlepas dari peran pikukuh, karuhun dan buyut yang mengandung makna filosofis tinggi yang sampai saat ini masih dipegang oleh suku baduy," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Sigit juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Baduy untuk terus memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Karena hanya dengan persatuan dan kesatuan, kita akan menjadi bangsa yang tangguh dan menjadi pemenang dalam persidangan global serta menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur," ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Masyarakat Suku Baduy Deklarasi Setia ke Pancasila
Top