Kamis, 20 September 2018 |
News Room - Pariwisata

Masyarakat Kabupaten Serang Bangun Destinasi Wisata di Area Persawahan

Selasa, 15 Mei 2018 | 17:48 WIB Dibaca: 504 Pengunjung

Kepala Desa Sukaratu, Irman Supriatman saat launching Taman Mahkota Ratu, Selasa (15/5/2018). [Foto: Imam]*

SERANG, [NEWSmedia] - Masyarakat Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, membangun destinasi wisata baru secara swadaya  di tengah lahan persawahan.

Fasilitas di desa wisata ini, sangat menarik. Selain terdapat saung musyawarah, masyarakat juga menyediakan warung makan, taman baca dan jembatan cinta. Bahkan, sepanjang jalan menuju lokasi wisata seluas 4 hektare itu, pengunjung disuguhkan dengan bunga-bunga yang indah.

"Tadinya saung ini tempat musyawarah warga. Terus dibuat lagi menjadi multi fungsi sebagai kegiatan keluarga dan resmi," kata Kepala Desa Sukaratu, Irman Supriatman setelah launching Taman Mahkota Ratu, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Selasa (15/5/18).

Ia menjelaskan, destinasi wisata yang diberi nama 'Taman Mahkota Ratu' itu muncul ketika saung milik petani banyak dikunjungi warga. Sehinggga, seiring berjalannya waktu, tempat itu banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan akhirnya muncul inisiatif dari warga untuk membangun desa wisata secara serius.

"Biar banyak dan makin rame, akhirnya saya berinisiatif membangun desa wisata. Mumpung sudah panen, begitu panen, warga gotong-royong, target puasa sudah dibuka dan sekarang sudah dilaunching," jelasnya.

Ia menuturkan, pembangunan Desa Wisata tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp50 juta yang terdiri 50 persen swadaya masyarakat dan 50 persen lagi dari dana desa.

"Kalau sekarang gratis. Nanti ke depan dipungut biaya masuk. Terjangkau, Rp.2000 buat pemeliharaan. Nanti (jembatan cinta-red) dicat, supaya semakin bagus dan akan dijadikan sebagai BUMDes," pungkasnya, seraya  berharap masyarakat Desa Sukaratu semakin mengembangkan potensi desanya. [CR]

Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Revitalisasi Banten Lama Baru Mencapai 30 Persen
Rabu, 19 Sept 2018 | 13:38 WIB
Revitalisasi Banten Lama Baru Mencapai 30 Persen
Tips Jitu Lolos CPNS 2018
Rabu, 19 Sept 2018 | 10:13 WIB
Tips Jitu Lolos CPNS 2018

KOMENTAR

Masyarakat Kabupaten Serang Bangun Destinasi Wisata di Area Persawahan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top