Sabtu, 24 Juli 2021 |
News Room

Masyarakat Diminta Ikut Aktif Berantas Berita Hoax

Sabtu, 11 Feb 2017 | 12:17 WIB Dibaca: 1070 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Maraknya berita hoax yang menyebar seiring dengan diadakannya Pemilihan Presiden 2014 dan Pilgub DKI Jakarta 2017, masyarakat diimbau untuk berperan aktif dalam pemberantasannya. Hal itu dilakukan agar mata rantai berita hoax dapat segera terhenti.

Meski telah ada badan khusus di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)yang melakukan pemblokiran terhadap situs bermuatan sara dan ujaran kebencian, namun masyarakat memiliki peran lebih besar.

Menurut Irvan Nasrun, Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional Kemenko Polhukam, mengatakan bahwa hal itu karena penyebaran berita hoax terjadi di tengah masyarakat sehingga peran aktif masyarakat dalam menghentikan berita hoax lebih besar.

"Justru peran yang paling besar itu di masyarskat sendiri karena berita cepat menyebar di tengah-tengah masyarakat. Kalau ada berita jangan langsung ditelan mentah-mentah," kata Irvan, Jumat (10/2/2017).

Menurutnya kepedulian masyarakat terhadap pemberantasan berita hoax sangat dibutuhkan dengan melaporkannya kepada lembaga pencegahan yakni Kemenkominfo.

"Yang penting kepedulian masyarakat. Misalkan saat menemukan situs hoax bisa minta untuk diblokir. Masyarakat juga diharapkan dengan dewasa bisa memilah-milah sumber berita," jelas Irvan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Masyarakat Diminta Ikut Aktif Berantas Berita Hoax

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top