Senin, 17 Desember 2018 |
News Room - News Community

Masyarakat Banten Dilatih Jadi Juru Bicara Pancasila

Jumat, 21 Sept 2018 | 18:22 WIB Dibaca: 459 Pengunjung

Pelatihan Juru Bicara Pancasila di Hotel Horison, Pandeglang, Jumat (21/9/2018).*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Elemen masyarakat dari delapan kota/ kabupaten se-Provinsi Banten mengikuti pelatihan untuk menjadi juru bicara Pancasila di Hotel Horison Pandeglang, Jumat (21/9/2018).

Panitia Lokal, Agus mengatakan, elemen masyarakat tersebut terdiri dari ustaz, mubaligh, pendeta, aktivis mahasiswa, NGO, advokat dan jurnalis yang akan diberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila.

"Kegiatan akan berlangsung selama empat hari, sehingga para peserta betul-betul memahami bahwa Indonesia adalah rumah bersama yang harus dijaga oleh kita semua," kata Agus dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh keberadaan kelompok-kelompok tertentu yang mengatasnamakan Islam namun juga ingin menggerogoti Pancasila dengan ideologi lain.

"Pancasila sebagai pondasi kebangsaan kita, Pancasila tidak bertentangan dengan agama apapun, bahkan sila-sila saling berkaitan dengan semua agama, Pancasila itu merupakan hasil dari penggalian founding father kita yang melihat keragaman Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Fasilitator Komunitas Bela Indonesia (KBI), Muhamad Isnur menuturkan, berdasarkan data dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, sejak 2005 sampai 2018, warga yang Pro terjadap Pancasila terus menurun, dari 85,2 persen menuju 75,3 persen.

"Selama 13 tahun terakhir, dukungan warga kepada Pancasila menurun sekitar 10 persen, maka target kita dari kegiatan ini adalah terbentuknya 1.000 juru bicara Pancasila se-Indonesia, dari masyarakat untuk masyarakat Indonesia," tuturnya.

Ia juga menegaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pembekalan terhadap juru bicara Pancasila mulai dari skill penulisan, berdebat dan managemen media sosial untuk mengkampanyekan Pancasila.

"Setiap peserta akan memproduksi konten anti terorisme berupa video pendek, blog, meme dan narasi dari tokoh yang merepresentasikan 25 provinsi," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Masyarakat Banten Dilatih Jadi Juru Bicara Pancasila
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top