Selasa, 19 Januari 2021 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Masalah Jerawat dan Kulit Wajah Berminyak, Bisa Diatasi dengan Masker Ini!

Senin, 28 Mei 2018 | 09:31 WIB Dibaca: 684 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Memiliki kulit yang bersih, lembut dan cerah adalah impian semua wanita. Banyak perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat impian tersebut. Produk yang digunakan pun beragan hingga rutin mengunjungi salon kecantikan untuk perawatan maksimal.

Tentunya itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit apalagi dilakukan secara rutin. Maka kita harus mengimbanginya dengan makanan sehat untuk perawatan dari dalam dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda telah lama lelah dan bosan dengan kulit kusam atau jerawat yang memalukan pada wajah, inilah saatnya untuk melakukan perawatan dengan cara alami yang tidak akan merusak kulit. Bahan yang diperlukan bisa sangat mudah Anda temukan di rumah dan bahkan bahan ajaib ini bisa mengembalikan cahaya kulit.

Dilansir dari Boldsky, bahan tersebut adalah tomat. Ya, Anda pasti tidak menyangka bahwa tomat bisa mengembalikan kecerahan kulit yang kusam. Apalagi tomat sangat mudah ditemukan di hampir semua makanan. Untuk yang diet juga bisa menambahkan tomat di salad.

Sekarang kita akan membahas bagaimana tomat bisa menyelesaikan masalah kulit dan Anda akan terkejut mengetahui manfaatnya.

Buah tomat tidak hanya lezat tetapi juga menjaga kulit tetap sehat. Mengkonsumsi tomat harus kita lakukan karena penuh dengan likopen, yang merupakan antioksidan yang bisa bekerja sebagai tabir surya alami. Antioksidan ini membuat tomat sebagai produk anti penuaan (aging) karena membantu melawan kerusakan sel dan kulit memerah.

Disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 16 miligram likopen per hari untuk mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh dan juga membantu mempertahankan kelembaban kulit yang kering karena paparan terhadap AC secara rutin.

Berikut manfaat buah tomat untuk kulit wajah:

1.Mengecilkan Pori-Pori Besar

Memiliki pori-pori tentunya tidak baik, karena kotoran dan debu akan mudah masuk ke kulit dan bisa menyebabkan infeksi pori-pori.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengambil satu sendok makan jus tomat segar, lalu tambahkan dua hingga empat tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan campuran kdua bahan ini pada wajah Anda. Pijat dengan gerakan memutar.

Setelah selesai, diamkan dulu selama sekitar 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Anda akan kaget melihat hasilnya karena campuran ini akan mengecilkan pori-pori yang besar.

2.Menyembuhkan Jerawat

Keasaman alami yang ditemukan di dalam tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat Anda. Vitamin A dan vitamin C umumnya ditemukan di banyak obat jerawat dan tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

Jika Anda memiliki jerawat ringan, potong tomat menjadi dua bagian dan ambil setengah saja lalu hancurkan dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Untuk jerawat yang parah, maka gunakan satu buah tomat utuh, lalu hancurkan dan aplikasikan ke wajah hingga menutupi semua.

Biarkan selama satu jam lalu bilas dan aplikasikan pelembab. Lakukan langkah ini secara rutin atau sebanyak yang Anda bisa, maka jerawat akan kering dengan cepat.

3.Jadi Masker Tomat dan Alpukat

Masker alpukat dan tomat sangat cocok untuk kulit kombinasi. Ini karena tomat berfungsi sebagai astringen serta blackhead dan agen pengurang minyak, sementara alpukat memiliki efek antiseptik dan pelembab. Sedangkan, alpukat dapat membantu menenangkan dan membersihkan kulit kombinasi (berminyak dan kering), karena Alpukat kaya akan vitamin A, C dan E.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu menghancurkan kedua bahan hingga membentuk pasta lalu oleskan hingga menutupi seluruh wajah. Setelahnya, diamkan selama 20 hingga 30 menit dan cuci dengan air hangat.

4.Mengatasi wajah berminyak

Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak maka cukup hancurkan tomat segar dan saring. Kemudian, ambil mentimun dan parut untuk menjadikannya sebagai jus. Sekarang, ambil jus mentimun dan campur dengan jus tomat. Oleskan jus ini dengan bola kapas setiap hari untuk mengontrol kadar minyak berlebih dan jerawat.

5.Sembuhkan Kulit Terbakar

Pada musim panas saat ini, jika tidak dijaga dengan baik maka kulit akan mudah terbakar oleh sengatan sinar matahari sehingga bisa menyebabkan kulit meradang. Oleh karenanya, Anda butuh sesuatu untuk menenangkan kulit yang terbakar, salah satunya dengan tomat.

Caranya, hancurkan setengah tomat dan campurkan dengan dua sendok makan yogurt. Oleskan campuran ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Cuci setelah 20 menit.

Tomat akan mendinginkan dan menetralkan permukaan kulit yang terbakar, sementara yoghurt memberikan dorongan protein yang sangat dibutuhkan dan menjadikan kulit lembut dan lentur.

6.Membuat Kulit Bersinar

Campurkan madu dengan jus tomat hingga membentuk pasta kental. Oleskan campuran ini dan cuci setelah 15 menit untuk kulit halus dan bercahaya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Masalah Jerawat dan Kulit Wajah Berminyak, Bisa Diatasi dengan Masker Ini!

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top