Sabtu, 17 November 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Manfaat Obat Kumur Bagi Kesehatan Mulut

Kamis, 08 Nov 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 216 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Penggunaan obat kumur atau biasa disebut mouthwash dapat melengkapi rutinitas yang berhubungan dengan mulut Anda sehari-hari. Itu artinya, obat kumur tidak bisa digunakan sebagai pengganti sikat gigi.

Tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya terdapat dua jenis obat kumur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mereka adalah obat kumur kosmetik dan terapeutik. Obat kumur kosmetik dapat mengontrol bau mulut tak sedap dan meninggalkan cita rasa yang menyenangkan.

Namun ia tidak memiliki kandungan kimiawi atau biologis di dalamnya karena sifatnya yang temporer. Maksudnya, jika sebuah produk obat kumur tidak membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap, itu berarti manfaatnya hanyalah kosmetik saja.

Sementara obat kumur terapeutik memiliki bahan aktif yang bertujuan untuk bantu mengatasi atau mengurangi kondisi seperti bau mulut tidak sedap, gingivitis, plak, dan kerusakan gigi. Bahan aktif yang kemungkinan digunakan oleh obat kumur terapeutik antara lain cetylpyridinium chloride, minyak esensial, fluoride, dan peroxide.

Berikut ini beberapa manfaat obat kumur dalam menjaga kesehatan mulut Anda:

1. Menyegarkan napas

Ini khususnya untuk obat kumur kosmetik, ia dapat mengurangi bau mulut tidak sedap. Dengan beragam rasa yang bisa dipilih, manfaat obat kumur ini dapat secara temporer membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap dan memberikan aroma napas mint yang segar.

2. Menghalangi penumpukan plak

Beragam obat kumur bermanfaat membantu mencegah penumpukan plak pada gusi, di antara gigi, dan permukaan gigi saat disikat. Meski dapat mengurangi penumpukan plak, ia tidak dapat mengurangi plak yang sudah ada pada gigi Anda. Jadi selalu ingat untuk rajin sikat gigi ya.

3. Mengurangi gigi berlubang

Berkumur dengan obat kumur yang mengandung flouride benar-benar dapat mengurangi gigi berlubang. Telah banyak penelitian tentang manfaaat fluoride dalam menurunkan demineralisasi dan lubang pada gigi.

4. Melawan penyakit gusi

Dengan penyakit periodontal seperti radang gusi, gusi dan dudukan gigi dapat membengkak atau terinfeksi karena plak dari bakteri dan makanan yang menempel pada gigi.

Obat kumur anti bakteri, yang mengandung alkohol atau chlorhexidine, kemungkinan dapat mencegah penyakit gusi.

5. Meredakan sariawan

Manfaat obat kumur dapat meredakan sariawan, bekerja dengan mendetoksifikasi area yang dimaksud. Hal ini dianggap ampuh untuk mengurangi jumlah bakteri yang dapat mengiritasi bagian yang terkena sariawan.

6. Melindungi kehamilan

Penyakit periodontal adalah faktor risiko dari kelahiran prematur dan bayi dengan berat di bawah normal. Ini disebabkan oleh bakteri dari infeksi gusi dapat menyusup ke peredaran darah perempuan yang sedang hamil dan meningkatkan pembengkakan yang dapat menstimulasi kontraksi.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan kalau calon ibu yang menggunakan obat kumur selama kehamilan memiliki kemungkinan sangat kecil untuk melahirkan prematur.

7. Memutihkan gigi

Obat kumur tidak memiliki dampak yang sama seperti perawatan pemutihan gigi. Namun salah satu manfaat obat kumur terapeutik adalah efek memutihkan jika digunakan dalam jangka panjang. Jika ini tujuan Anda, cari obat kumur yang mengandung carbamide peroxide sebagai salah satu bahan aktifnya.

Berdasarkan daftar manfaat obat kumur di atas, obat kumur benar-benar memberikan manfaat yang menyenangkan. Namun penting untuk diketahui kalau tidak semua obat kumur sama. Berkumur juga bisa menggunakan air garam yang bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan air hangat dan garam. Sementara obat kumur yang dijual di pasaran mengandung beragam bahan yang berkisar dari fluoride atau alkohol atau clorhexidine.

Perlu diingat kalau obat kumur tidaklah direkomendasikan untuk anak-anak berusia di bawah enam tahun. Ini disebabkan oleh refleks menelan kemungkinan masih belum berkembang sempurna pada anak-anak seumuran itu.

Jadi ada kemungkinan mereka akan tidak sengaja menelan obat kumur dalam jumlah banyak yang memicu efek samping seperti mual, muntah, bahkan keracunan. Untuk itu pastikan  selalu mengecek label produk untuk peringatan yang lebih spesifik dan rekomendasi usia minimal. [go-dok]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Cegah Anak Pilek di Musim Hujan Dengan Hal Ini
Jumat, 16 Nov 2018 | 06:31 WIB
Cegah Anak Pilek di Musim Hujan Dengan Hal Ini

KOMENTAR

Manfaat Obat Kumur Bagi Kesehatan Mulut

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top