Jumat, 23 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Manfaat Minum Anggur Merah yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Rabu, 11 Jul 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 620 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Anggur merah memang menjadi salah satu minuman yang cukup digemari. Meski kerap dipandang sebelah mata, namun anggur merah benar-benar memiliki manfaat positif bagi tubuh.

Banyak penelitian dilakukan selama bertahun-tahun mengenai dampak mengonsumsi anggur merah dengan peningkatan kesehatan. Mengonsumsi anggur merah pun diklaim membantu membuat panjang umur.

Selain itu, anggur merah dipercaya dapat menghentikan berbagai macam kanker dan menjaga kesehatan mental selalu dalam kondisi prima. Para peneliti pun mengaitkan minum anggur dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Tapi, yang perlu diingat adalah minum anggur merah hanya sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Pria juga hanya diperbolehkan minum tidak lebih dari dua gelas anggur per hari, sementara wanita hanya meminum satu gelas sehari.

Minum lebih banyak dari itu, justru akan membuat Anda berisiko mengalami masalah kesehatan. Ada manfaat mengonsumsi anggur merah bagi kesehatan.

Memiliki Resveratrol

Resveratrol berasal dari anggur merah, cranberry dan blueberry. Tiga macam buah ini dapat ditemukan dalam anggur merah. Ini adalah resveratrol yang membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Salah satu cara meningkatkan kesehatan jantung adalah melalui cara berinteraksi dengan mikrobioma usus. Resveratrol juga telah ditemukan untuk mencegah kanker tertentu.

Kesehatan mental

Loyola University Medical Center telah melakukan penelitian tentang anggur dan kesehatan mental. Hasilnya menemukan bahwa 23 persen peminum tidak memiliki potensi mengalami demensia. Tetapi ingat untuk minum anggur secukupnya.

Penyakit hati

Minum anggur dapat menurunkan peluang Anda untuk mengidap penyakit hati. Bir dan minuman keras tidak menurunkan risiko Anda terkena penyakit hati melainkan meningkatkannya. Meminum anggur adalah satu-satunya alkohol yang dapat mengurangi peluang Anda.

Kanker prostat

Daripada mengonsumsi bir dingin, pria sebaiknya meminum sebotol anggur merah. Penelitian telah menemukan pria yang minum empat sampai tujuh gelas anggur per minggu akan mengurangi risiko terkena kanker prostat. Resveratrol adalah salah satu antioksidan dalam anggur merah yang menurunkan risiko tersebut.

Kanker payudara

Anggur merah dapat mencegah kanker payudara pada wanita. Penelitian dari Cedars-Sinai Medical Center menemukan bahwa anggur merah menurunkan kadar estrogen.

Mengonsumsinya dalam jumlah sedang adalah kuncinya, jadi wanita tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu gelas anggur per malam. Anggur merah memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda, namun dengan catatan mengonsumsinya dalam jumlah sedang. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Manfaat Minum Anggur Merah yang Mungkin Anda Tidak Tahu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top