Kamis, 29 Oktober 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Manfaat Lain Dari Garam

Selasa, 20 Des 2016 | 09:35 WIB Dibaca: 796 Pengunjung

manfaat garam.*

[NEWSmedia] - Garam adalah bumbu yang dapat membuat banyak masakan terasa lebih nikmat. Ternyata, garam tak hanya bermanfaat di dapur tapi juga bisa digunakan untuk bersih-bersih. 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan garam untuk bisa membersihkan rumah? Berikut adalah penjelasannya seperti dikutip dari The Kitchn.


Garam bersifat abrasif

Jika Anda melihat garam secara lebih dekat, Anda akan mengetahui garam terdiri atas kristal-kristal kecil. Masing-masing butiran garam memiliki ujung lancip. Hal itu membuat garam memiliki tekstur seperti ampelas dan bisa digunakan untuk membersihkan noda, sisa makanan, dan kotoran lainnya. Garam yang dikombinasikan dengan cuka bahkan bisa membersihkan permukaan berkarat. 


Garam dapat menyerap cairan

Di masa lalu, tukang daging melapisi talenan kayunya dengan garam. Hal itu guna menyedot cairan yang bisa masuk ke sela-sela kayu dan menjadi tempat reproduksi bakteri.  Kemampuan garam menyerap tak hanya bisa digunakan di talenan. Tebarkan garam di bekas tumpahan cairan untuk mencegah noda menempel seperti di karpet atau pakaian. Jika Anda memiliki sepatu yang lembab atau bau, garam juga bisa membantu membersihkannya. Tabur garam secukupnya dan biarkan semalaman. Sepatu Anda akan lebih bersih di pagi hari. 


Garam adalah sahabat asam

Ketika garam larut ke dalam asam seperti perasan lemon atau cuka, atom-atom sodium dan klorin akan melonggar. Partikel tersebut pun akan melakukan reaksi kimia yang kuat. 

Contohnya, perpaduan garam dan cuka bisa membersihkan karat. Garam dan perasan lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan talenan kayu. Bahkan, kombinasi itu juga bisa digunakan untuk memoles benda berbahan stainless steel. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Manfaat Lain Dari Garam

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top