Selasa, 19 Desember 2017 |
News Gallery - Tekno

Malware CCleaner Serang PC? Ini yang Harus di Lakukan

Rabu, 20 Sept 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 327 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Aplikasi CCleaner kabarnya telah disusupi malware. Lebih dari dua juta pengguna CCleaner telah mengunduh versi dari software yang telah diretas dan mengandung malware.

Kabar ini dilaporkan situs Which, Selasa (19/9/2017), CCleaner merupakan software yang direkomendasikan untuk membersihkan PC dan membuatnya bisa bekerja lebih cepat. Menurut Avast, software ini telah diunduh lebih dari 2 juta kali.

Piriform, developer di balik CCleaner dan dimiliki oleh firma keamanan Avast telah menandatangani secara digital sebuah versi perangkat lunak CCleaner yang dirilis pada Agustus. Kemudian diunduh oleh jutaan pengguna.

Namun, ditemukan dua baris kode yang telah diinjeksi ke dalam software, membuka sebuah saluran dari PC pengguna untuk menerima perintah dari hacker.

Peneliti keamanan di Cisco Talos menemukan bahwa sebuah muatan malware multi-tahap telah dikirimkan selama periode instalasi untuk CCleaner. Piriform kemudian mengonfirmasi bahwa sekira 2,3 juta pengguna diyakini telah terinfeksi.

Piriform melakukan update CCleaner pada 12 September. Sehingga, bila pengguna menerima update dari software itu, Anda harus membuat langkah perlindungan.

Salah satunya, pengguna harus memindai PC pengguna, apakah melalui program antivirus yang Anda miliki atau mengunduh MalwareBytes Anti-Malware Free. Solusi ini harusnya bisa membersihkan atau mengisolasi serta menghilangkan infeksi tambahan yang mungkin terjadi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Cara Mudah Singkirkan Komedo Dari Wajah
Selasa, 19 Des 2017 | 01:02 WIB
Cara Mudah Singkirkan Komedo Dari Wajah
Pahami, Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara
Selasa, 19 Des 2017 | 00:03 WIB
Pahami, Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara
Petr Cech Trauma Jelang Duel Arsenal Vs Liverpool
Senin, 18 Des 2017 | 23:02 WIB
Petr Cech Trauma Jelang Duel Arsenal Vs Liverpool

KOMENTAR

Malware CCleaner Serang PC? Ini yang Harus di Lakukan

BERITA TERKAIT

Top