Sabtu, 05 Desember 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Makanan dan Minuman untuk Penderita Diabetes Tipe Dua

Selasa, 31 Jul 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 747 Pengunjung

Air minuman lemon.*

[NEWSmedia] - Para penderita diabetes tipe dua disarankan untuk lebih mengontrol kadar gula untuk mencegah kondisi berkembang. Oleh sebab itu, para penderita diabetes tipe dua disarankan untuk mengubah pola makan mereka.

Dilansir di express.co.uk, diabetes tipe dua adalah kondisi seumur hidup yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, seperti sakit pada mata atau kaki, serangan jantung dan stroke.

Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah kuncinya. Menurut tim kesehatan express, karbohidrat dibutuhkan untuk energi, Namun, penting juga untuk memantau berapa banyak karbohidrat yang dimakan, terutama bagi penderita diabetes.

Roti adalah bahan pokok, tetapi dengan begitu banyak jenis yang tersedia. Tim kesehatan yang menangani penyakit diabetes di Inggris, menjelaskan apa yang harus dilakukan dalam memilih karbohidrat untuk dimakan.

“Memilih opsi-opsi roti-roti adalah masuk akal. Roti terbakar tinggi, membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat olahan dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memecah sehingga kadar glukosa darah tidak lonjakan kemudian turun dengan cepat,” kata tim kesehatan.

Sehingga, mereka menyatakan roti gandum jenis whole grain yang berat dan agak manis merupakan pilihan yang baik untuk dimakan. Namun bila roti itu tak cukup membangkitkan selera makan, maka roti gandum, dan gandum sendiri dapat menjadi alternatif.

Selain itu, asupan karbohidrat yang lain adalah pasta, atau mi jenis whole wheat, nasi basmati, bubur gandum, quinoa, burger gandum, dan ubi. Sebab tubuh manusia terdiri atas hampir dua pertiga air, sehingga penting, untuk minum cukup cairan setiap hari, agar tetap terhidrasi dan sehat, terutama ketika panas.

Tim kesehatan express juga mendaftar lima jenis minuman yang baik untuk mengontrol gula darah. Air putih merupakan salah satu minuman terbaik. Disarankan, bila menyukai air yang memiliki rasa, maka air bisa ditambahkan dengan perasan lemon atau jeruk nipis, atau stroberi.

Jenis minuman berikutnya yang direkomendasikan adalah teh, kopi, chai dan cokelat panas. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah penyajiannya yang harus dengan mengurangi gula, atau menggunakan susu semi-skim atau skim.

Selain itu, teh herbal juga disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes tipe dua. Menurut para ahli diabetes, teh herbal dapat membuat perubahan yang menyegarkan dan sebagian besar bebas kafein.

Jus buah, merupakan minuman rekomendasi berikutnya yang disarankan untuk dikonsumsi bagi pengontrol gula darah. Jus buah yang 100 persen jus mengandung vitamin dan mineral.

Namun, hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi jus buah adalah, jus buah hanya dihitung sebagai satu porsi, seberapa banyak pun diminum. Jus buah juga bisa membahayakan gigi. Sehingga untuk anak-anak, disarankan dengan mengencerkan dengan air terlebih dahulu dan diminum pada waktu makan.

Jenis minuman kelima yang direkomendasi adalah susu. Susu adalah salah satu minuman terbaik setelah olahraga.

Susu merupakan minuman yang dapat menghidrasi dan dapat menjadi sumber kalsium, protein, dan karbohidrat yang baik. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan susu yang merupakan susu skim, atau susu semi-skim.

Tanda-tanda diabetes tipe dua bisa datang perlahan-lahan, atau mungkin tidak muncul sama sekali. Sehingga penting untuk mengetahui faktor risiko diabetes tipe dua, agar dapat melakukan sesuatu berupa pencegahan atau penyembuhan. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Makanan dan Minuman untuk Penderita Diabetes Tipe Dua
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top