Senin, 26 Februari 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Makan Ikan Lebih Efektif Untuk Kesehatan Tulang

Kamis, 30 Nov 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 250 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Sebuah studi baru menemukan bahwa makan ikan, dua kali lebih efektif meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

Periset dari Universitas Surrey di Inggris membuktikan, vitamin D2 dan D3 tidak memiliki nilai gizi yang sama. Mereka ingin memahami nutrisi mana yang meningkatkan kadar vitamin D di tubuh dengan sangat efektif.

Lalu para peneliti mengukur kadar vitamin D pada 335 wanita Asia Selatan dan Eropa selama dua periode musim dingin. Mereka memilih musim dingin karena, karena kurangnya paparan sinar matahari, kadar vitamin D cenderung lebih rendah saat ini.

Para wanita dibagi menjadi lima kelompok: mereka yang mengonsumsi vitamin D2 dalam biskuit; Mereka yang mengonsumsi vitamin D3 dalam biskuit; Mereka yang mengkonsumsi vitamin D2 dalam minuman jus; Mereka yang mengkonsumsi vitamin D3 dalam jus; dan mereka yang menerima plasebo.

"Peserta yang menerima D3 mengalami peningkatan kadar vitamin D sebesar 74 persen. Kelompok plasebo mengalami penurunan 25 persen sepanjang periode yang sama," tulis peneliti.

Penulis utama, Dr. Laura Tripkovic mengatakan, D3 bisa didapat dari ikan dan telur. Sedangkan D2 bisa didapat dari jamur, roti yang diperkaya vitamin D2, atau suplemen yang mengandung vitamin D2.

Fungsi vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi vital yang membantu usus menyerap kalsium sekaligus menjaga kalsium dan fosfat pada konsentrasi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan perawatan tulang yang sehat. Tanpa kadar yang memadai dalam tubuh, tulang bisa menjadi rapuh dan tidak berbentuk sempurna.

Tingkat vitamin D yang rendah juga telah dikaitkan dengan berbagai kondisi lain, termasuk penyakit kardiovaskular dan kanker. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Makan Ikan Lebih Efektif Untuk Kesehatan Tulang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top