Kamis, 17 Oktober 2019 |
News Room

Mahfud MD Ingatkan Jangan Ada Agenda Tersembunyi di Balik Rekonsiliasi

Kamis, 11 Jul 2019 | 16:35 WIB Dibaca: 1186 Pengunjung

Mahfud MD.*

[NEWSmedia] - Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai wacana rekonsiliasi antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto dan para pendukungnya merupakan suatu keharusan. Tapi jangan sampai justru memiliki agenda tersembunyi. 

"Rekonsiliasi itu menghentikan pertikaian politik, kembali ke posisi masing-masing. Yang mau opisisi, oposisi; yang mau koalisi, koalisi baik-baik. Jangan punya agenda tersembunyi dari sebuah koalisi maupun oposisi. Kembali ke undang-undang dasar," kata Mahfud di Jakarta, Rabu malam, 11 Juli 2019.

Mahfud tak setuju pendapat sebagian kalangan yang menyatakan rekonsiliasi tak perlu karena bukan habis berperang. Baginya, rekonsiliasi tetap penting, akibat perang atau bukan, terutama untuk meredakan pertikaian politik usai pemilu.

Rekonsiliasi alias perdamaian di antara kelompok-kelompok yang berselisih, katanya, juga bukan berarti semua harus bergabung dalam pemerintahan atau pihak pemenang pemilu, melainkan saling mendukung untuk membangun bangsa.

Dia menganggap sekarang rekonsiliasi itu memang belum terwujud, tetapi sudah berproses dan pada saatnya nanti terjadi. Sebagaimana karakter masyarakat Indonesia, biasanya pertikaian sekeras apa pun pada akhirnya nanti akan berdamai.

“Yang penting kita berusaha dengan sungguh-sungguh dan proses-proses ke arah sana, saya rasa sedang berjalan, dan akan selesai," katanya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mahfud MD Ingatkan Jangan Ada Agenda Tersembunyi di Balik Rekonsiliasi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top