Jumat, 22 Maret 2019 |
News Room - Highlight

Mahasiswa Unbaja Sulap Limbah Minyak Jadi Pembersih Lantai

Jumat, 11 Jan 2019 | 15:00 WIB Dibaca: 512 Pengunjung

Karboling, pembersih lantai yang terbuat dari limbah minyak karya mahasiswa Unbaja. [ist]*

SERANG, [NEWSmedia] - Mahasiswa Teknik Lingkungan Univeraitas Banten Jaya (Unbaja) meluncurkan produk karboling, yaitu karbol pembersih lantai yang bahannya berasal dari minyak jelantah, buah mengkudu dan kulit jeruk.

Kreator Karboling, Fitriyah mengatakan, ide tersebut muncul ketika dirinya melihat banyak minyak jelantah yang dibuang dan menjadi limbah, padahal jika dikonsumsi pun, minyak itu bisa dijadikan sebagai karsinogenik.

"Melihat kondisi itu, kami terdorong untuk dapat mengolah minyak jelantah menjadi produk yang memiliki nilai manfaat," kata Fitriyah, Jumat (11/1/2019).

Fitriyah mengatakan, produk karboling tersebut telah diuji coba dan terbukti dapat membersihkan lantai dengan hasil yang sangat memuaskan.

"Ia sudah dicoba, hasilnya sangat memuaskan," jelasnya.

Mahasiswa lainnya, Irfan memgaku, karboling merupakan produk lanjutan dari praktikum mata kuliah Kimia Lingkungan. Menurutnya kualitas karbol pembersih lantai yang dibuatnya dapat membersihkan lantai dengan optimal.

“Karbol yang merupakan ide Fitriyah ini, ramah lingkungan, produk ini juga merupakan upaya untuk dapat berkontribusi menyelamatkan bumi,  sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan”, ujar Irfan.

Untuk diketahui, kemasan karboling tersebut memiliki volume 800 mL dan dijual dengan harga Rp7.000 dan bagi yang berminat dapat melakukan pemesanan melalui Fitriyah (085717287360), Ita (083812986325). [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Mahasiswa Unbaja Sulap Limbah Minyak Jadi Pembersih Lantai
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top