Senin, 25 Juni 2018 |
News Room - News Community

Mahasiswa Banten Kritisi Fenomena Musiman Gepeng dan Anjal

Jumat, 16 Jun 2017 | 14:24 WIB Dibaca: 577 Pengunjung

Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Fenomena sosial musiman menjelang hari raya Idul Fitri di Kota Serang kembali terjadi. Kota yang berjulukan 'Kota Madani' ini di setiap sudut kota diserbu oleh rombongan gepeng (gelandangan pengemis) dan anjal (anak jalanan).

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Serang (PP Hamas), Andi Rohaendi di Kota Serang, Jumat (16/6/2017).

"Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, seharusnya menjadi tolak ukur perkembangan dan pertumbuhan untuk di jadikan kota percontohan daerah lain, namun saat ini belum bisa dijadikan panutan," kata Andi kepada NEWSmedia.

Ia mengatakan, dalam momentum bulan suci Ramadan ini, fenomena tersebut sering di jumpai di jalanan, bahkan di tempat makan atau warung warung lainnya pengemis atau anak jalanan dari usia dini sampai usia tua dengan bebasnya berkeliaran.

"Memang sangat ironis melihat fenomena ini, seakan pemerintah membiarkan gepeng dan anjal berkeliaran di Kota Serang," terangnya.

Padahal, lanjut Andi, sudah jelas dalam UUD 45 Pasal 34 ayat 1 yang menyebutkan, fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh negara, dan dijelaskan pula dalam Perda Kota Serang no 2 Tahun 2010 tentang 'pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan penyakit masyarakat' yang dijelaskan di pasal 3 ayat 2 yang memang mengatur soal gepeng dan anjal.

"Namun pada nyatanya, Pemkot Serang belum merealisasikan amanah konstitusi yang sudah ditetapkan itu, hal ini menjadi persoalan dalam konteks pembangunan Kota Serang yang madani," terangnya.

Ia juga menegaskan, dalam peroses membersihkan penyakit masyarakat (Pekat), pemerintah Kota Serang harus mampu menyiapkan tempat yang layak untuk mereka agar bisa beraktivitas dan bisa menjadi orang yang produktif, dan juga bisa memfasilitasi untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

"Tentu ini menjadi salah satu pemberdayaan pemerintah terhadap Anjal dan Gepeng agar mereka produktif dan bisa hidup layak seperti manusia lainnya," pungkasnya, seraya berharap Pemkot Serang lebih serius menangani hal tersebut. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Mahasiswa Banten Kritisi Fenomena Musiman Gepeng dan Anjal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top