Selasa, 07 Juli 2020 |
News Room

Ma'ruf Amin Sebut Fokus 5 Program pembangunan Diubah, Apa Saja?

Senin, 11 Mei 2020 | 13:50 WIB Dibaca: 205 Pengunjung

Ma'ruf Amin.*

[NEWSmedia] - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan, pemerintah mengubah fokus lima program pembangunan karena Covid-19 yang membatasi ruang gerak. Pembangunan tersebut meliputi sumber daya manusia, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

"Dengan adanya pandemi Covid-19 pemerintah harus melakukan perubahan fokus (refocusing) pembangunan," tulis Wapres Ma'ruf lewat siaran pers diterima, Senin (11/5/2020).

Dari lima yang telah disebutkan, refocusing akan menyasar terhadap tiga fokus utama dalam penanggulangan Covid-19. Pertama, melakukan tes secara masif dan agresif. Kedua, perawatan dan pengobatan yang intensif, dan ketiga penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semua ini dalam rangka mengamalkan laa dharara wa laa dhirara, jangan sampai membahayakan diri sendiri dan jangan membahayakan orang lain,” yakin Ma'ruf Amin.

Program Stabilitas
Selain itu, pemerintah juga memiliki program-program yang akan dilakukan untuk mengembalikan posisi Indonesia menjadi stabil kembali. Program tersebut di antaranya dengan penguatan sektor usaha serta upaya pemenuhan hajat hidup kelompok miskin dan pemberdayaan kembali untuk memperkecil jumlah kelompok miskin di Indonesia.

"Nanti ada tentu tekanan-tekanan terutama pada sektor-sektor yang terdampak sangat dalam, dalam suasana pandemi ini. Misalnya sektor ekonomi, termasuk kelompok usaha baik Usaha Menengah Besar (UMB), maupun Usaha Mikro Kecil (UMK). Ini harus mendapatkan perhatian untuk memulihkan kembali suasana keekonomian kita pada masa yang akan datang,” jelasnya. 

Ma'ruf menekankan bahwa upaya dilakukan pemerintah seluruhnya dilakukan dengan mengutamakan kemaslahatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.  [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ma'ruf Amin Sebut Fokus 5 Program pembangunan Diubah, Apa Saja?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top