Sabtu, 15 Mei 2021 |
Tekno

Lupa Pola Android? Ini Caranya

Kamis, 19 Jan 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 1497 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Smartphone berbasis Android biasanya mengamankan perangkat dengan meminta PIN, pola, atau password. Jadi, jika Anda lupa dengan PIN, pola, atau bahkan password, Anda tidak akan bisa mengakses smartphone Anda. Ada cara agar ponsel Anda bisa digunakan lagi selama Anda ingat username dan password akun Google Anda. 

Berikut ini caranya sebagaimana dilaporkan How To Geek, Rabu (18/1/2017).

1.Untuk Android 4.4 ke Bawah 
Versi lama Android, Android 4.4 KitKat dan lebih tua memiliki cara yang terintegrasi untuk memotong pola, PIN, atau password jika Anda lupa. Google menghapus fitur ini di Android 5.0 Lollipop, sehingga Anda harus menggunakan metode yang berbeda jika Anda memiliki perangkat dengan versi terbaru Android. 

Untuk menemukan fitur ini, pertama masukkan pola yang salah atau PIN lima kali di layar kunci. Anda akan melihat tombol pola, PIN, dan password yang terlupakan muncul. Pilih pola tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password akun Google yang terkait dengan perangkat Android Anda.

2. Android 5.0 ke Atas 
Pengingat pola, PIN, atau password sayangnya sudah tidak tersedia lagi pada Android ini. Namun, fitur Android Smart Lock mungkin bisa menyelamatkan Anda. Apabila Anda telah menyiapkan Smart Lock pada smartphone dan secara otomatis log in saat sedang di rumah dan terhubung dengan wifi.

3.Factory-Reset Smartphone atau Tablet Android Anda Jika Anda tidak bisa berhasil dengan salah satu trik di atas, maka Anda perlu merelakan data di smartphone Anda. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan perangkat Anda ke kondisi normal dengan cara factory reset. 

Cara untuk melakukan factory reset dengan ponsel dalam keadaan terkunci berbeda-beda setiap smartphone. Namun yang perlu digaris bawahi, Anda harus boot dalam menu sistem recovery perangkat dan membersihkannya dari sana.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus mematikan perangkat dan hidupkan kembali sambil memegang tombol yang benar. Sebagai contoh pada Nexus 4, Anda harus menekan dan tahan volume bawah dan tombol power pada saat yang sama. 

Namun, pada perangkat yang menjalankan Android 5.1, Anda mungkin harus memasukkan username dan password dari akun Google sebelumnya dikaitkan dengan perangkat. Hal ini untuk mencegah orang lain resetting dan menggunakan perangkat Anda. Namun, Anda tidak perlu menggunaka kode lama untuk kembali menggunakan hardware Anda. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Lupa Pola Android? Ini Caranya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top