Kamis, 17 Oktober 2019 |
News Room - News Community

LP2N Sebut Andika Sosok Muda yang Bisa Jaga Budaya Lokal

Rabu, 17 Mei 2017 | 14:22 WIB Dibaca: 755 Pengunjung

LP2N gelar seminar budaya yang di gedung Golkar, Ciceri, Kota Serang. Rabu, (17/5/2017).

SERANG [NEWSmedia] - Aspek budaya yang menjadi kekhawatiran masyarakat adalah masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, dan akan berdampak pada krisis budaya lokal.

Permasalahan terkikisnya budaya lokal merupakan hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, budaya juga dapat membangun dan memperkuat budaya bangsa dalam mengawal kedaulatan NKRI. Hal tersebut diungkap pada acara seminar budaya yang diikuti oleh 200 mahasiswa se-Provinsi Banten di gedung Golkar, Ciceri, Kota Serang. Rabu, (17/5/2017).

"Kita mengajak kepada generasi muda untuk menjaga budaya dan kearifan lokal khususnya di Banten. Kalau  bangsa kita sudah tidak memiliki budaya, itu artinya bangsa sudah tidak lagi kuat. Karena peran dan fungsi generasi muda ini sangat penting untuk menjaga budaya di indonesia dan memperkuat kedaulatan NKRI," ujar Ketua Pembina Lembaga Pemuda Pembangunan Nusantara (LP2N) Medi Sumaedi

Ia mengatakan, peran budaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan simbol kearifan lokal yang muncul sebagai identitas bangsa indonesia.

"Budaya itu kan simbol suatu bangsa, nah seperti di Banten ini ada beragam budaya mulai dari seninya, pakaian adatnya. Nah itu perlu dipertahankan dan dipromosikan, walaupun kita tahu kalau sekarang ini tantangan untuk menjaga kearifan lokal sangatlah sulit," terangnya.

Ia berharap, untuk para generasi muda di Banten agar terus menjaga budaya sehingga kearifan lokal yang dibangun tetap tumbuh untuk generasi yang selanjutnya.

"Mudah-mudahan generasi muda Indonesia khususnya Banten bisa menjadi penerus bangsa yang bisa menjaga budayanya, apalagi Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy yang kemarin dilantik adalah sosok pemuda yang visioner dan saya yakin dia bisa bersinergi dengan anak anak muda di Banten untuk menjaga budayanya," harapnya. [Ifal]

Penulis: Syahrifal
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

LP2N Sebut Andika Sosok Muda yang Bisa Jaga Budaya Lokal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top