Rabu, 22 November 2017 |
News Room

Lorong Bawah Tanah di Pasar Lama Kota Serang Masih Jadi Misteri

Sabtu, 03 Des 2016 | 18:46 WIB Dibaca: 2482 Pengunjung

Petugas BPCB Serang saat melakukan perekaman data dan pengambilan sampel material di lokasi lorong bawah tanah di Jalan Maulana Hasanudin, Pasar Lama, Kota Serang. (Foto: Ist)

SERANG [NEWSmedia] – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang masih melakukan penelitian terkait ditemukannya lorong bawah tanah yang diduga peninggalan masa kolonial Belanda di Jalan Maulana Hasanudin, Pasar Lama, Kota Serang Banten.

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah material pada bangunan tersebut serta data pendukung lain seperti dokumen dan arsip sejarah.

“Secara teknis harus ada beberapa proses yang harus kita jalani. Untuk saat ini hasil penemuan itu belum dapat dipastikan bahwa itu bangunan peninggalan zaman Belanda atau bukan. Butuh waktu yang lumayan lama untuk melakukan penelitian," kata Kepala Bidang Perlindungan pada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang, Julyadi, Sabtu (3/12/2016).

Pihak balai telah melakukan perekaman data termasuk sampel material yang akan diteliti di laboratorium, seperti batu kapur dan semen merah atau batu bata.  "Kami akan segera mengungkap temuan tersebut dengan melakukan uji laboratorium," terang Julyadi.

Menurut dia, secara kasat mata lorong tersebut memang terlihat jelas seperti bangunan peninggalan Belanda. Hal tersebut dilihat dari komponen-komponen yang diambil meninjau lokasi.

Berita terkait: Pekerja Proyek Temukan Lorong Bawah Tanah di Pasar Lama Kota Serang

Jika bangunan tersebut adalah benar bangunan peninggalan pada zaman Belanda, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) mengupayakan agar bangunan tersebut dapat diabadikan.

“Ya kita kita upayakan untuk mengabadikan bangunan tersebut apabila bangunan itu merupakan bangunan peninggalan sejarah,” ucap Julyadi. [ifal]

Penulis: Syahrifal Fahlevi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lorong Bawah Tanah di Pasar Lama Kota Serang Masih Jadi Misteri
Top