Sabtu, 25 November 2017 |
News Room - Pendidikan

Logo Baru UIN Banten Cerminkan Simbol Keilmuan dan Kearifan Lokal

Selasa, 18 Jul 2017 | 10:24 WIB Dibaca: 1128 Pengunjung

Logo baru Universitas Islam Negeri (UIN) Banten yang dilaunching, Senin (17/7/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Setelah berubah nama dari Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten, logo baru kampus tersebut juga diganti. Perubahan logo secara resmi dilaunching di halaman kampus tersebut, Senin (17/7/201 7).

Hadir dalam acara launching logo baru UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten tersebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir dan beberapa pejabat lainnya di tingkat Provinsi dan Kota Serang.

Rektor UIN SMH Banten, Prof. Fauzul Iman mengatakan, pembuatan logo tersebut melibatkan pengurus senat, desain grafis dan beberapa mahasiswa. Menurutnya, logo tersebut mengandung arti tersendiri.

"Dari logo itu, ada dua pusat orbit, yang satu melambangkan integrasi keilmuan dan satu lagi pengembangan keilmuan," kata Fauzul Iman.

Ia mengatakan, dua sayap kupu-kupu di dalam logo tersebut diartikan sebagai hewan yang bisa melakukan metamorfosis dari kepompong menjadi kupu-kupu. Artinya pecah menjadi ilmu pengetahuan, sehingga tidak ada dikotomis atau perbedaan antara ilmu agama dan ilmu umum.

"Di logo juga ada gambar Kabah yang disimbolkan sebagai pusat spiritual. Orang yang ke Kabah selalu melakukan towaf, jadi harus harmoni, bekerjasama," terangnya.

Ia menjelaskan, kubah yang berada diatas huruf I disimbolkan sebagai kearifan lokal dari Masjid Kesultanan Banten, sedangkan warna kuning diartikan sebagai warna keemasan dan merah sebagai warna yang dicintai kesultanan Banten.

"Warna kuning menggambarkan puncak keemasan, kejayaan kita harus unggul dan mempunyai prestasi, kita harus bisa mengembalikan kejayaan Banten dan warna merah adalah warna yang dicintai oleh kesultanan," jelasnya.

Dengan demikian, dengan berubahnya nama IAIN menjadi UIN SMH Banten, pihaknya berharap bisa merubah segalanya, baik dari sarana dan prasarana ataupun sumber daya manusia (SDM) yang ada di kampus tersebut.

"Kita harus berubah segalanya, terutama sarana prasarana dan kualitas SDM kita harus ditingkatkan, tata kelola yang baik, sehingga dengan perubahan ini sistem terprogram dan terstukur dan tidak bisa dikelola dengan sembarangan," ujarnya. [ahi/red]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Logo Baru UIN Banten Cerminkan Simbol Keilmuan dan Kearifan Lokal
Top