Sabtu, 20 Juli 2019 |
Highlight - Internasional

Lintasi Perbatasan, Tentara Korut Membelot ke Korsel

Kamis, 29 Sept 2016 | 12:03 WIB Dibaca: 2388 Pengunjung

Pos Perbatasan Korea Utara dan Korea selatan di jaga ketat.*

SEOUL, [NEWSmedia] – Seorang tentara Korea Utara (Korut) berjalan kaki melintasi perbatasan dan membelot ke Korea Selatan (Korsel).

Otoritas militer Korsel atau Kepala Staf Gabungan (JCS) menyatakan, tentara Korut tersebut menyeberangi garis demarkasi militer di salah satu perbatasan paling dijaga ketat di dunia itu pada hari ini. Tak ada baku tembak selama pembelotan tersebut.

“Dia kini sedang ditahan untuk ditanyai,” demikian disampaikan JCS seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (29/9/2016).

Adalah hal langka bagi pembelot Korut berjalan melintasi perbatasan yang dipenuhi ranjau tersebut, yang dijaga oleh puluhan ribu tentara di perbatasan Korut dan Korsel. Terakhir kali kejadian serupa terjadi pada Juni 2015 lalu, ketika seorang prajurit remaja Korut menyerahkan dirinya ke pasukan penjaga perbatasan Korsel di Hwacheon, timur laut Seoul, Korsel.

Ratusan warga Korut dilaporkan kabur dari tanah air mereka setiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka menyeberangi perbatasan dengan China sebelum pergi menuju sebuah negara Asia Tenggara, dan akhirnya tiba di Korsel.

Sebelumnya pada Agustus 2014, dua warga Korut berenang di perbatasan Laut Kuning untuk menuju sebuah pulau Korsel. [dtn/03]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Lintasi Perbatasan, Tentara Korut Membelot ke Korsel

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top