Jumat, 23 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Lima Penyakit Menular yang Tidak Kamu Sadari

Kamis, 09 Feb 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 1241 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Agar memiliki tubuh yang selalu sehat, sudah sewajarnya jika kamu menjaga kesehatan tubuhmu dari serangan bakteri dan virus yang mampu berkembang menjadi penyakit. Selain flu, batuk, atau diare, ternyata obesitas bisa dikategorikan sebagai penyakit yang menular, lho.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kebanyakan kasus obesitas yang terjadi pada orang dewasa nyatanya disebabkan karena adanya virus di lemak tubuh yang menyebabkan kegemukan.

Selain obesitas, ternyata ada beberapa penyakit yang ternyata menular namun kamu tak menyadarinya. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Penyakit mulut
Tahukah kamu bahwa penyakit mulut itu menular? Jika kamu atau pasanganmu menderita penyakit mulut dan tak sengaja berciuman, maka akan terjadi pertukaran bakteri yang bisa menyebabkan sariawan, radang gusi, dan bahkan gigi berlubang. Oleh karena itu ketika kamu sedang menderita penyakit mulut, jangan melakukan kontak oral apapun dengan orang terdekatmu.

Kanker
Beberapa jenis penyakit kanker ternyata bisa menular, lho. Umumnya penyakit kanker ini disebarkan oleh virus HPV yang kemudian menular melalui kontak seksual. Contoh penyakit kanker yang menular karena virus ini adalah kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker leher, rahim, kanker penis, hingga kanker anus.

Scarlet fever
Scarlet fever adalah penyakit demam yang disertai dengan ruam kulit akibat dari racun yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang juga menyebabkan radang tenggorokan.

Scarlet fever membuat penderitanya mengalami demam, sakit tenggorokan, serta ruam selama seminggu. Penyakit ini sangat menular namun bisa diobati dengan obat antibiotik.

Impetigo
Impetigo merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh radang bakteri. Impetigo diawali dengan serangan bakteri di lapisan atas kulit yang kemudian akan masuk ke dalam dermis dan menyebabkan munculnya bisul serta jaringan parut. Impetigo bisa diobati dengan krim antibiotik. Namun jika sudah parah, pengobatan impetigo melalui antibiotik oral.

Jamur kaki 
Penyakit jamur kaki disebabkan oleh jamur Trichophyton. Biasanya jamur kaki muncul saat tidak memakai alas kaki di tempat-tempat umum yang tidak bersih.

Serangan bakteri, kuman, atau virus penyebab penyakit menular memang tak bisa diprediksi. Nah, agar kamu terhindar dari serangan ini maka tingkatkan sistem kekebalan tubuhmu dengan perbanyak konsumsi vitamin C, sayur, dan buah segar. [Mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lima Penyakit Menular yang Tidak Kamu Sadari
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top