Rabu, 19 Juni 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Lima Manfaat Merica untuk Kesehatan

Rabu, 08 Feb 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 860 Pengunjung

Merica atau Lada.*

[NEWSmedia] - Merica atau lada adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dari dulu hingga saat ini, lada masih menjadi perhatian dunia medis internasional akan manfaatnya untuk kesehatan. Beruntung bagi negara Indonesia yang telah menjadi daerah produksi lada putih terbesar, yaitu tepatnya di pulau Bangka Belitung.

Merica atau lada memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan. Bahkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan, anda bisa memanfaatkan merica atau lada ini untuk membantu melancarkan proses penurunan berat badan anda. Selain itu, merica atau lada ini sudah banyak digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai obat dalam maupun luar. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, apa saja manfaat dari merica atau lada ini? Berbicara tentang manfaatnya sangatlah melimpah. Mungkin banyak yang belum mengetahui akan manfaat dari merica atau lada ini. Agar bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar, berikut ini beberapa manfaat merica atau lada untuk kesehatan:

1. Menyembuhkan sakit kepala

Lada putih memiliki kandungan alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada kepala anda. Rasa sakit pada kepala terjadi ketika neuropeptida yang merupakan zat perngirim rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin yang terdapat dalam lada putih dapat membantu menghalangi transmisi ini, sehingga dapat mengurangi gejala rasa sakit kepala.

2. Mengobati batuk

Jika anda mengalami batuk-batuk, anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan memanfaatkan lada putih. Buatlah campuran antara bubuk lada putih dengan sedikit madu. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat menghasilkan sifat antibiotik dan menghasilkan rasa panas. Sehingga dapat membantu mengurangi batuk.

3. Mengurangi hidung tersumbat

Seperti halnya lada hitam, lada putih juga menghasilkan rasa panas juga juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Lada putih ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat melawan infeksi pada saluran hidung. Lada putih tersebut akan dapat membersihkan saluran udara, sehingga hindung dapat bernafas dengan benar dan lega.

4. Mengobati sakit gigi

Bagi anda yang sering mengalami sakit gigi atau yang sedang mengalami sakit gigi, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lada atau merica. Lada putih ini memiliki kandungan alami yang telah dikenal mampu mengobati sakit gigi. Anda bisa mengkombinasikan lada dengan bahan seperti minyak cengkeh atau garam meja.

5. Mencegah perut kembung

Lada putih diketahui memiliki sifat karminatif yang dapat membantu mencegah pembentukan gas dalam usus. Lada mampu meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu agar pencernaan lebih efektif. Manfaatkanlah lada putih ini untuk mengobati ataupu mencegah perut kembung. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Manfaat Buah Nanas untuk Perawatan Kulit
Senin, 17 Jun 2019 | 08:41 WIB
Manfaat Buah Nanas untuk Perawatan Kulit
Obat Alami Atasi Asma yang Bisa Dibuat di Rumah
Rabu, 12 Jun 2019 | 07:34 WIB
Obat Alami Atasi Asma yang Bisa Dibuat di Rumah

KOMENTAR

Lima Manfaat Merica untuk Kesehatan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top