Minggu, 11 April 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Lima Manfaat Mengurangi Makanan yang Manis

Rabu, 24 Mei 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 1368 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Selain menurunkan risiko diabetes, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis juga bisa memberikan manfaat lain bagi tubuh. Maka dari itu, tak ada salahnya mulai saat ini Anda mengurangi konsumsi asupan bergula yang berlebihan.

Berikut 5 manfaat ekstra mengurangi asupan manis bagi kesehatan:

1. Kulit awet muda

Studi menunjukkan bahwa jumlah gula dalam darah memengaruhi kesehatan kulit. Ketika Anda makan terlalu banyak gula, maka terjadi proses dalam tubuh yang mengakibatkan elastisitas kulit bisa menurun. Nah, agar kulit tetap kencang dan awet muda, salah satu hal yang bisa Anda terapkan dalam diet adalah kurang asupan manis berlebihan.

2. Lemak perut berkurang

Lemak di area perut alias lemak visceral merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan diabetes. Baru-baru ini data dari Framingham Heart Study menemukan adanya kaitan antara konsumsi minuman manis dengan komposisi lemak visceral. Disebutkan bahwa semakin banyak Anda mengonsumsi minuman manis, maka semakin tinggi tingkat lemak visceral Anda.

3. Lebih berenergi

Gula buatan umumnya adalah karbohidrat sederhana. Ini berarti komponen tersebut dicerna dengan cepat. Efeknya, gula darah Anda akan meningkat tajam kemudian cepat turun lagi. Jika Anda membutuhkan bahan bakar energi, gantilah asupan manis Anda dengan camilan tinggi protein seperti kacang almond.

Asupan-asupan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga energi Anda juga akan bertahan lebih lama. Demikian disampaikan nutrisionis sekaligus penulis 'The 21-Day Sugar Detox', Diane Sanfilippo.

4. Pangkas risiko obesitas

Studi epidemiologis menunjukkan adanya kaitan antara kenaikan berat badan dan konsumsi gula berlebih. Konsumsi gula berlebih pun diyakini dapat memberikan Anda tambahan kalori, yang berujung pada risiko kegemukan.

5. Sehatkan jantung

Semakin banyak mengonsumsi gula, maka semakin tinggi risiko Anda mengalami penyakit jantung. Dalam sebuah studi di jurnal JAMA beberapa waktu lalu, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi gula dengan kadar gula tertinggi, memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung dua kali lebih tinggi. [dth]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lima Manfaat Mengurangi Makanan yang Manis
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top