Sabtu, 16 Februari 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Lima Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi Tetap Bikin Kenyang

Minggu, 29 Jan 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 2030 Pengunjung

Nasi kembang kol.*

[NEWSmedia] - Sebagai orang Indonesia, tentu saja nasi adalah makanan pokok. Bahkan sebagian besar orang Indonesia akan sulit untuk merasa kenyang jika tidak makan nasi meski sebelumnya mereka sudah mengonsumsi banyak makanan.

Well, makan nasi memang sah-sah saja. Namun jangan terlalu banyak atau berlebihan. Sebab nasi mengandung zat pati yang apabila dikonsumsi terlalu banyak akan meningkatkan kadar gula darah dan berujung dengan kegemukan atau diabetes.

Sebagai salah satu bagian dari resolusi sehat, tak ada salahnya jika kamu mengganti konsumsi nasi dengan makanan tinggi karbohidrat yang lebih sehat seperti contoh di bawah ini.

1. Spaghetti squash

Spaghetti adalah jenis pasta yang paling umum. Biasanya spaghetti terbuat dari gandum yang tinggi zat tepung dan berisiko menggemukkan.

Nah, jika kamu seorang penggemar spaghetti namun ingin lebih sehat, kenapa kamu tidak mencoba mengonsumsi spaghetti dari squash? Squash adalah sejenis labu yang ketika diserut memanjang akan terlihat seperti spaghetti. Untuk mengolah spaghetti squash, tambahkan minyak zaitun, rempah-rempah segar, tomat, atau keju feta di atasnya.

2. Spiralized vegetable noodles

Mi juga termasuk panganan yang terbuat dari tepung. Namun revolusi dunia pangan sehat berhasil mengganti bahan pembuat mi menjadi lebih sehat seperti dari butternut squash, mentimun, ubi jalar, hingga zucchini.

Untuk membuat mi sehat ini, gunakan food processor yang bisa mengubah bentuk sayuran di atas menjadi seperti mi. Tentu saja 'mi' ini harus segera dikonsumsi segera setelah kamu mengolahnya.

3. Roti gandum

Kamu sering mengonsumsi roti sebagai pengganti nasi? Pilihlah roti sehat kalau begitu. Roti yang terbuat dari biji-bijian utuh mengandung lebih banyak serat dan nutrisi dari roti biasa.

4. Nasi kembang kol

Nasi kembang kol atau yang biasa disebut sebagai cauliflower rice menjadi panganan sehat yang diprediksi akan nge-hits di tahun 2017 ini.

Untuk membuat nasi kembang kol, masukkan kembang kol ke dalam food processor yang akan mengubah bentuknya menjadi seperti bulir-bulir nasi. Kemudian kamu bisa mengonsumsinya dengan lauk atau sayuran lainnya. "Satu cangkir nasi kembang kol hanya memiliki 25 kalori, sedangkan beras merah memiliki sekitar 215 kalori," ungkap Megan Roosevelt, ahli kesehatan dari HealthyGroceryGirl.com.

5. Lettuce wraps

Merdeka.com - Siapa bilang bahwa karbohidrat hanya didapat dari makanan bertepung. Sayuran sendiri juga mampu mengenyangkan perutmu dengan cara yang sehat, lho. Salah satu contohnya adalah lettuce wraps atau cara mengonsumsi makanan dengan cara dibungkus menggunakan selada. Selain sehat, rasanya juga menyegarkan.

Jadi, kamu ingin jadi lebih sehat di tahun baru ini? Cobalah untuk mengganti konsumsi nasi dengan makanan di atas. Selamat mencoba!. [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Manfaat Jagung dan Kandungan Nutrisinya
Kamis, 14 Feb 2019 | 06:30 WIB
Manfaat Jagung dan Kandungan Nutrisinya
9 Gejala Kelelahan yang Tidak Boleh Disepelekan
Kamis, 14 Feb 2019 | 00:01 WIB
9 Gejala Kelelahan yang Tidak Boleh Disepelekan

KOMENTAR

Lima Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi Tetap Bikin Kenyang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top