Selasa, 20 Agustus 2019 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Lima Catatan Pilkada Kota Serang 2018

Rabu, 05 Sept 2018 | 11:20 WIB Dibaca: 240 Pengunjung

Maskot Pilkada Kota Serang.*

BANDUNG, [NEWSmedia] - Komisioner KPU Banten, Ramelan menyebutkan, sedikitnya ada lima catatan dalam pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018.

Catatan pertama, lanjut Ramelan adalah fakta bahwa hadirnya banyak calon membuktikan dinamika politik di Kota Serang jauh lebih baik dari pada daerah lain yang hanya menghasilkan calon tunggal.

"Catatan kedua adalah gugatan hukum, baik yang bersifat administratif maupun etika yang dilayangkan kepada KPU. Meskipun terkesan berat tapi faktanya baik oleh Panwaslu maupun MK, KPU dinyatakan menang,” kata Ramelan saat Evaluasi PPK se-Kota Serang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/9/2018).

Ia menuturkan, catatan ketiga adalah tentang kompleksitasnya permasalahan pemutakhiran daftar pemilih. Mulai dari coklit, banyaknya pemilih yang belum memiliki e-KTP serta perpindahan penduduk yang sulit terdeteksi.

“Catatan keempat adalah soal sulitnya merekrut badan ad hoc PPS dan KPPS yang kapabel dan cermat. Ini yang kemudian berdampak terhadap proses rekapitulasi perolehan suara pada hari H pemungutan suara. Dan catatan terakhir adalah mengenai upaya menjaga soliditas relasi antar sesama komisioner maupun antar komisioner dengan Sekretariat, baik di tingkat KPU, PPK, hingga PPS.” tuturnya.

Di akhir arahan, Ramelan berharap KPU Kota Serang periode 2013-2018 tetap fokus dan solid menjelang akhir masa jabatan tanggal 17 Desember 2018.

"Soliditas komisioner itu penting agar beberapa tahapan Pemilu 2019 di penghujung tahun ini bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lima Catatan Pilkada Kota Serang 2018
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top