Senin, 06 Juli 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Liburan ke Pekanbaru, Ini 6 Destinasi Alam yang Wajib di Kunjungi

Kamis, 14 Sept 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 2795 Pengunjung

Danau Lembah Sari.*

[NEWSmedia] - Pekanbaru kota yang merupakan ibu kota Provinsi Riau ini kini semakin maju dengan banyaknya potensi wisata yang terus dikembangkan. Saat berkunjung ke Pekanbaru, Anda dapat menemukan ragam kuliner khas, festival budaya, serta destinasi wisata alam yang menawan.

Jika ingin melihat tempat-tempat cantik di Pekanbaru, berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi.

1.Desa Okura
Desa Wisata Okura yang berlokasi di Kecamatan Rumbai Pesisir, merupakan tempat tinggal masyarakat asli Melayu, yang masih kental dengan cara hidup tradisional. Di sana, pengunjung dapat menyaksikan deretan rumah adat yang tertata rapi, serta beragam tanaman untuk tujuan agrowisata. Selain itu, ada juga Sungai Siak yang memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi Desa Okra sambil menaiki perahu.
2.Alam Mayang
Taman Wisata Alam Mayang merupakan destinasi wisata berbasis alam yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Di taman rekreasi yang dipenuhi pepohonan rimbun tersebut, terdapat sebuah danau besar, kolam pemancingan, berbagai wahana permainan seru, seperti: luncur gantung (flying fox), sepeda air, ATV, dan perahu pisang.

3.Sungai Kampar
Di kalangan para peselancar, perairan laut di Indonesia dikenal memiliki ombak yang cocok untuk aktivitas. Umumnya, kawasan yang dipilih adalah pantai-pantai di sisi selatan atau yang berbatasan dengan Samudra Hindia.
Namun, tahukah Anda, bahwa di Pekanbaru, terdapat sebuah sungai yang memiliki ombak dan kerap digunakan sebagai wahana selancar.

Ya, Sungai Kampar. Salah satu objek wisata terpopuler di Riau ini dikenal memiliki gelombang yang cukup besar bernama Bono. Gelombang Bono terjadi akibat pertemuan antara arus pasang Sungai Kampar dengan arus pasang laut. Sebagai hasilnya, ombak besar dengan tinggi mencapai 6 meter dapat dinikmati wisatawan saat berlibur ke Sungai Kampar.

4.Danau Lembah Sari
Danau Lembah Sari sebenarnya merupakan sebuah danau buatan yang berlokasi di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir. Danau yang memiliki luas sekitar 16 hektare ini, dahulu juga pernah digunakan sebagai tempat pelaksanaan PON ke-18, khususnya untuk cabang olahraga ski air.

Danau ini menawarkan beragam keindahan berupa panorama hijau sekitar serta suasana sejuk. Di sore hari, cahaya senja dan langit biru yang memantul di permukaan air danau juga menjadikan kawasan ini tampak begitu indah dan cocok digunakan sebagai lokasi berfoto.

5.Taman Hutan Raya
Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) merupakan kawasan hutan lindung yang dibuka sebagai objek wisata alam. Di lokasi yang sangat rindang ini, Anda dapat menikmati berbagai sarana berwisata yang cukup menarik, seperti jalur setapak, panggung kesenian, area berkemah, tempat bermain anak, serta fasilitas outbond. Jika mau menjelajah, Anda juga bisa menemukan sebuah danau cantik yang tersembunyi di dalam hutan.

6.Air Terjun Aek Matua
Air terjun yang terletak di kawasan Pegunungan Bukit Barisan ini memiliki daya tarik berupa tebing tinggi dan bertingkat. Saat menggerojok, aliran air yang datang dari arah atas harus melewati beberapa tingkat yang cukup tinggi. Alhasil, sebuah pemandangan cantik berupa Air Terjun Aek Matua dapat Anda nikmati, tidak hanya sebagai penyegar mata, tetapi juga sebagai latar berfoto yang begitu memesona. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Liburan ke Pekanbaru, Ini 6 Destinasi Alam yang Wajib di Kunjungi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top