Selasa, 21 November 2017 |
Pariwisata

Liburan di Kebumen Yuk Kunjungi Pantai Ini

Jumat, 24 Feb 2017 | 17:06 WIB Dibaca: 1008 Pengunjung

Pemandangan di Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah.*

[NEWSmedia] - Kabupaten Kebumen yang sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia memiliki banyak pantai cantik. Ciri khas yang tampak adalah pasir hitam dengan karang besar di sekitarnya. 
 
Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Public Relation dan Advertising Ezytravel.co.id, Noor Aini Rachmawati  menjelaskan lima pantai yang wajib dikunjungi itu diantaranya:
 
PANTAI SUWUK
Merupakan pantai berpasir hitam dan dikelilingi oleh batu karang. Bukit nan hijau di sekelilingnya menambah indah pemandangan. Pantai Suwuk menjadi salah satu pantai yang cukup ramai dan termasuk destinasi wisata favorit di Kebumen. Pengelola wisata pantai ini kini menyediakan berbagai fasilitas seperti kamar mandi, tempat bilas, mushola hingga warung makan. Uniknya di sekitar pantai terdapat bangkai pesawat Garuda Boeing 737 yang menyedot perhatian banyak orang.

Area Pantai Suwuk cukup luas, kita bisa berkeliling pantai dengan menunggang kuda yang bisa disewa. Pantai ini menjadi destinasi wisatawan lokal, tak heran kalau suasananya ramai di saat liburan. Lokasinya berada di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen. Akses menuju ini tidak terlalu sulit yaitu dari kota Kebumen berjarak sekitar 50 Km, sedangkan dari Gombong ditempuh sekitar 25 menit saja. Jadi, tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke pantai ini dan merasakan betapa indahnya pemandangan dan segarnya angin pantai.

PANTAI MENGANTI
Pantai Menganti merupakan pantai cantik yang memiliki pasir putih dengan air laut yang sangat bersih. Lokasinya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini dikelilingi bukit yang cukup tinggi dan bisa digunakan untuk menikmati pemandangan. Sebelum dibuka untuk wisata umum, Pantai Menganti dulunya digunakan sebagai pelabuhan nelayan. Tak heran kalau akan menemui banyak perahu nelayan bersandar disana.

PANTAI WATU BALE
Pantai Watu Bale merupakan obyek wisata pantai baru,  keberadaannya dikenal beberapa bulan terakhir. Pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 45 menit dari kota Gombong. Hanya saja kendaraan tidak bisa mencapai lokasi, dan harus dilanjutkan dengan jalan kaki. Kita harus menempuh jalan berkelok dan menurun tajam sekitar 15 menit. Namun, rasa lelah akan terbayar saat kita mencapai atas batu karang dan memandang birunya laut dari atas.

Sejumlah wahana baru telah disiapkan untuk menarik minat pengunjung seperti wahana Perahu Titanic, Tangga Slogan, Rumah Kayu dan lainnya. Spot-spot cantik ini biasanya dijadikan tempat untuk  foto-foto. Air laut yang hijau kebiruan dan langit yang biru menjadi latar belakang sempurna bagi yang suka berfoto. Kalau perut mulai lapar, dapat ditemukan pedagang makanan dan minuman, dengan Rp 2000 hingga Rp10 ribu dapat membuat perut kenyang. Tiket masuk pun hanya Rp 15 ribu termasuk parkir kendaraan.

PANTAI KARANGBOLONG
Pantai ini cukup terkenal dan sering dijadikan tujuan wisata di Kebumen, lokasinya berdekatan dengan Pantai Suwuk di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen, dan memiliki pasir berwarna abu-abu. Di sekitar pantai terdapat batu karang yang menambah keindahan pantai.  Dinamakan Pantai Karangbolong karena di bagian timur pantai ini terdapat sebuah goa batu karang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pantainya.

Goa batu karang ini memiliki panjang 30 meter, lebar 10 meter serta tinggi 5 meter. Goa Karangbolong ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk foto. Di sekitar pantai juga banyak tumbuh pohon kelapa yang menambah keindahan panorama pantai. Perlu diketahui, ombak di Pantai Karangbolong ini cukup tinggi, pengunjung dihimbau tidak berenang di pantai demi keselamatan.

PANTAI AYAH/LOGENDING
Pantai Ayah biasa disebut juga Pantai Logending, merupakan obyek wisata andalan di Kebumen. Meski berpasir hitam, pesona pantai Ayah ini tetap memukau. Anda bisa berkeliling pantai dengan kuda atau ATV yang disewakan. Kalau ingin bermain air, ada banyak kamar mandi atau kamar ganti yang bisa digunakan untuk membersihkan diri.

Pantai ini merupakan muara dari Sungai Bodo yang mengalir di Kebumen dan pemisah antara Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Kalau ingin menikmati pemandangan di sekitar muara sungai, bisa menggunakan jasa perahu yang ada. Selain itu terdapat juga pemandangan hutan yang dimiliki oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan. Hutan tersebut merupakan hutan wisata, jadi bisa juga berkunjung ke sana. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Pesona Raja Ampat Ala Pantai Kasap Pacitan
Senin, 20 Nov 2017 | 17:00 WIB
Pesona Raja Ampat Ala Pantai Kasap Pacitan
Keunikan Spot Foto Kampung Berkelir Tangerang
Jumat, 17 Nov 2017 | 17:00 WIB
Keunikan Spot Foto Kampung Berkelir Tangerang
Menghijaukan Sangiran, Tempat Wisata Purbakala
Jumat, 17 Nov 2017 | 16:09 WIB
Menghijaukan Sangiran, Tempat Wisata Purbakala

KOMENTAR

Liburan di Kebumen Yuk Kunjungi Pantai Ini

BERITA TERKAIT

Top