Rabu, 18 Juli 2018 |
Kuliner

Lezatnya Aneka Kuliner Khas Kendari

Selasa, 13 Des 2016 | 10:13 WIB Dibaca: 1378 Pengunjung

lapa lapa makanan khas kendari.*

[NEWSmedia] - Ibu Kota Sulawesi Tenggara, Kendari memiliki beragam makanan khas yang bisa dinikmati para pelancong yang datang ke tempat ini. Dari namanya saja, makanan-makanan ini begitu asing di telinga. Namun saat mencicipinya, boleh jadi Anda akan teringat pada makanan tertentu di daerah Anda sendiri. 

Tapi meski terdengar asing di telinga, tentu tak ada salanya mencoba sesuatu yang baru. Memang makanan ini biasanya tidak hanya tersaji di kota dengan luas wilayah 295 kilometer persegi ini, namun juga ada di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara. Berikut sejumlah makanan khas Kendari yang bisa anda cicipi saat singgah di sana. 

Kasoami 

Makanan ini menjadi salah satu hidangan khas masyarakat Sulawesi Tenggara yang mempunyai bahan dasar singkong. Dalam proses pembuatannya tidaklah mudah, awalnya singkong diparut hingga halus. Kemudian dimasukkan ke dalam cetakan, lalu siap untuk direbus dengan panci tradisional. Kasoami bisa dinikmati bersama dengan ikan bakar, dan sambal khas Kendari. 


Sinonggi

Sinonggi merupakan salah satu makanan khas Kendari yang berbahan dasar sagu. Sinonggi juga menjadi makanan pokok Suku Tolaki. Di Sulawesi Selatan, masakan yang mirip ini dikenal dengan nama kapurung, sedangkan di Kepulauan Maluku disebut papeda. Meskipun masakan tersebut memiliki kemiripan bahan, cara penyajiannya berbeda. 

Untuk sinonggi sendiri, tepung sagu yang sudah dimasak tidak dicampurkan dengan sayur, kuah ikan, sambal, atau bumbu lainnya, namun tergantung selera penikmatnya. Dalam proses pembuatannya tidaklah sulit, hanya dibutuhkan sagu dan air panas. Awalnya, sinonggi diletakkan dalam wadah, kemudian dituangkan dengan air panas. 

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo memang bisa ditemukan di beberapa daerah di Sulawesi. Makanan ini terbuat dari pisang raja yang dibalut  adonan terigu dan tepung beras yang diberi pewarna hijau, misalnya dari daun pandan. Dalam penyajiannya, pisang yang sudah dibentuk akan disantap bersama adonan fla dari tepung beras dan santan, kemudian diguyur sirup pisang ambon bersama es serut. 

Lapa-lapa

Tak hanya di Kendari, namun lapa-lapa menjadi makanan khas dari seluruh daerah di Sulawesi Tenggara. Rasanya gurih, dan sebagai pelengkap biasanya lapa-lapa bisa disantap dengan ikan asin serta sambal. Lapa-lapa memiliki bahan dasar beras ketan. Bentuk makanan ini serupa seperti lontong, namun untuk rasanya sudah jelas berbeda.  [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Lezatnya Aneka Kuliner Khas Kendari

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top