Senin, 24 September 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Lensa Kontak Ini Bisa Lindungi Tubuh Dari Diabetes

Selasa, 30 Jan 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 212 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Lensa kontak tersebut memiliki struktur nano plastik mungil yang tertanam di dalamnya. Adanya nano plastik memberikan peringatan realtime sebelum kadar gula darah (glukosa) menjadi berbahaya. Lensa kontak baru diproduksi massal dalam lima tahun ke depan.

Peneliti di Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) and Sungkyunkwan University, Korea Selatan, melakukan terobosan dengan mengontrol layar LED kecil yang tertanam di dalam lensa kontak.

Terobosan itu mengingatkan pemakai lensa kontak saat kadar gula darah mereka terlalu rendah atau tinggi.

"Pasien diabetes perlu memantau kadar glukosa beberapa kali dalam sehari," kata Jang-Ung Park, profesor di UNIST yang mengerjakan proyek tersebut.

Bahan yang lembut

Lensa kontak yang diciptakan sebagai pengingat kadar gula tersebut terbuat dari bahan yang lembut. Tim peneliti mampu menciptakan bahan polimer yang lembut, fleksibel dan transparan layaknya lensa kontak biasa.

Tak ketinggalan pula sensor glukosa, rangkaian transfer daya nirkabel, dan piksel layar, yang menampilkan sinyal kadar gula darah.

Upaya sebelumnya, tim mengembangkan lensa kontak yang dinilai tidak nyaman, yakni menggunakan bahan yang terlalu rapuh. Bahan itu juga menghalangi penglihatan pemakainya dan bisa melukai mata. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Konsumsi Coklat dan Bir Diklaim Bikin Umur Panjang
Jumat, 21 Sept 2018 | 01:05 WIB
Konsumsi Coklat dan Bir Diklaim Bikin Umur Panjang
Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur?
Jumat, 21 Sept 2018 | 00:02 WIB
Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur?

KOMENTAR

Lensa Kontak Ini Bisa Lindungi Tubuh Dari Diabetes
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top