Minggu, 27 Mei 2018 |
News Room - Pendidikan

Larang Mahasiswi Bercadar, MUI Tangsel Sebut Unpam Otoriter dan Islamophobia

Kamis, 10 Agt 2017 | 16:16 WIB Dibaca: 825 Pengunjung

Gedung Rektorat Universitas Pamulang, Tangsel.*

TANGSEL, [NEWSmedia] - Terkait larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi di kampus Universitas Pamulang (Unpam), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) angkat bicara.

Sekretaris MUI Tangsel, Abdul Rozak menegaskan, tak sepantasnya kampus Unpam mengeluarkan kebijakan tentang larangan bercadar bagi mahasiswi muslim, apalagi perguruan tinggi sebagai adalah tempat dimana mahasiswa belajar berbagai disiplin ilmu, 

"Unpam jangan bersifat otoriter, melarang mahasiswi bercadar, karena itu tidak berdasar dan mendidik. Kampus kan tempat untuk mencari ilmu dan ilmu itu harus netral, bukan lembaga penghakiman dengan melarang-larang yang begitu, harusnya ada dialog, dan pasti ada jalan tengah," tegasnya.

Menurut Rozak, kewajiban menutup aurat adalah kewajiban bagi semua muslim baik laki-laki ataupun perempuan, tentu dengan ketentuan sebagaimana telah ditetapkan sesuai ajaran Islam.

Meski sebagian besar ulama menyatakan aurat bagi muslimah adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah, namun kata dia, ada juga kelompok Islam yang memahami bahwa wajah pun merupakan bagian dari aurat yang harus ditutupi.

"Jadi kita harus bisa menghargai pemahaman beragama itu, bagi mereka yang meyakini wajah adalah bagian dari aurat ya harus dihormati. Kami mengingatkan, agar pihak kampus Unpam tidak ikut-ikutan Islamophobia dengan melarang-larang mahasiswinya bercadar," sambung Rozak.

Lebih lanjut, MUI Tangsel mengimbau kepada jajaran Rektorat Unpam untuk menggelar dialog dengan perwakilan mahasiswa serta tokoh agama yang ada tentang kebijakan bercadar tersebut. Hal demikian dilakukan, agar persoalan tersebut tidak meluas dan kontraproduktif dengan suasana belajar-mengajar yang ada.

"Coba pihak Unpam membuka pintu dialog, dicari titik tengahnya, akar masalahnya ada di mana ketika mahasiswi mengenakan cadar, sehingga semua menjadi kondusif. Pasti ada jalan keluarnya," tukasnya.

Sebelumnya, kampus Unpam mengeluarkan aturan larangan bercadar sebagaimana tertuang dalam SK. Rektor Nomor : 338/A/U/Unpam/V/2017. Selain melarang pemakaian cadar, secara umum aturan itu memuat juga soal tata berbusana di area kampus seperti larangan berambut gondrong, celana rok mini dan sebagainya. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta
Sabtu, 26 Mei 2018 | 11:29 WIB
Ribuan Pesantren di Banten Diguyur Rp20 Juta
Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan
Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:05 WIB
Cek Harga Bahan Pangan Jelang Akhir Pekan

KOMENTAR

Larang Mahasiswi Bercadar, MUI Tangsel Sebut Unpam Otoriter dan Islamophobia

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top