Rabu, 23 September 2020 |
News Gallery - Newstainment

Lama Tak Terdengar, Grup Band Radja bangkit dengan Malaikat Cinta

Rabu, 28 Feb 2018 | 11:00 WIB Dibaca: 992 Pengunjung

Band Radja.*

[NEWSmedia] - Grup band Radja kembali hadir setelah cukup lama tak menelurkan karya di industri musik tanah air. Grup band yang beranggotakan Ian Kasela (vokal), Moldy (gitar), Indra (bas) dan Seno (drum) ini kembali meramaikan musik tanah air dengan lagu "Malaikat Cinta".

Radja merilis single terbaru pada 14 Februari 2018 dan serentak diputar di 120 radio di indonesia. Single "Malaikat Cinta" ini sendiri jadi awal kembalinya Radja masuk studio membuat karya baru.

Radja membagikan cerita mereka selama tidak memproduksi musik. Ian menceritakan bahwa Radja sudah lama tidak dinaungi perusahaan rekaman lamanya, EMI Indonesia. 

"Radja dari 2010 itu take out dari yang namanya major label," ujarnya. 

Ian juga menambahkan bahwa kontrak mereka dengan major label sebelumnya berakhir seiring juga dengan tutupnya perusahaan rekaman tersebut.

Bagaimana Radja tanpa label yang menaungi? Moldy sang gitaris terpikirkan untuk mendirikan perusahaan rekaman sendiri. Dan setelah itu dibentuklah Istana Musik oleh mereka.

Ian bercerita, awal mula didirikannya Istana Musik, awal mula perjuangan Radja yang baru tanpa major label.  "Dari 2010 itulah perjuangan kita. Jadi tertatih-tatih, seneng, sedih, luka dan lain-lain kita nikmatin sendiri disitu," ungkapnya lagi.

Kini, Radja juga mengurus sendiri hak royalti lagu-lagu mereka. "Semua katalog lagu-lagu kami pegang sendiri, publishing sendiri," tambah Indra pencabik bas band yang dikenal lewat sejumlah single hits seperti "Jujur", "Tulus" dan lainnya ini. 

Vakumnya Radja dalam membuat karya baru dalam kurun waktu cukup lama membuat personel band ini membenahi diri dan juga melihat bagaimana kemajuan industri musik sekarang. 

"Hikmahnya kita jadi lebih tahu sedikit dari temen-temen yang lain masalah industri ini," ujar Ian. Dan, Ian juga mencontohkan masalah yang ia maksud dalam industri musik Indonesia yaitu pembajakan.

Ian juga mengungkapkan bahwa sebenarnya Radja tidak benar-benar vakum dalam bermusik. Pada tahun 2017 Radja sempat merekam lima lagu lama D'lloyd. Lagu-lagu daur ulang itu direkam Radja dalam bentuk CD dan digital. "Tapi, kalau lagu baru ya ini Malaikat Cinta yang baru kami luncurkan," kata Moldy.

Saat itu, dua personel lainnya, Indra dan Seno sudah bergabung kembali dengan Ian dan Moldy. Seperti diketahui pemain bas dan drum Radja ini sempat memisahkan diri dengan Ian dan Moldy. "Sekarang kami makin kompak, solid. Kami merasa Radja memang rumah kami," tambah Indra. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Lama Tak Terdengar, Grup Band Radja bangkit dengan Malaikat Cinta
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top