Sabtu, 14 Desember 2019 |
Tekno

Lakukan Hal Ini, Dijamin Rem Motor Enggak Blong

Senin, 12 Agt 2019 | 14:44 WIB Dibaca: 365 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Meski sudah dirancang secanggih mungkin, namun sistem pengereman pada kendaraan bisa saja gagal berfungsi. Efeknya tentu sangat berbahaya, mobil atau motor bisa meluncur tanpa kendali dan menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Bus adalah jenis kendaraan yang paling sering mengalami rem blong. Bobotnya yang berat dan sarat muatan, membuat sistem pengereman harus bekerja ekstra keras untuk menahan lajunya. Meski begitu, sepeda motor juga bisa mengalaminya, meski penyebabnya berbeda.

Umumnya, rem blong terjadi karena ada komponen yang mengalami kerusakan. Namun, kebiasaan dari pengguna juga dapat memicu munculnya bahaya tersebut. Hal itu dikatakan oleh General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Wedijanto Widarso.

“Banyak kan yang naik motor, tangan atau kakinya menempel di tuas rem. Akibatnya, rem terus bekerja, jadi panas. Kampas bergesekan terus dengan cakram. Saat terus bergesekan, maka efeknya ke minyak rem,” ujarnya.

Alasan minyak rem bisa memicu rem blong, yakni karena cairan yang berfungsi mendorong kampas itu memiliki titik didih. Jika rem dipaksa bekerja berat, maka minyaknya akan menjadi buih, sehingga tekanan ke kampas menjadi berkurang.

Wedijanto menjelaskan, lakukan pengereman yang benar agar sistem tidak mengalami panas berlebih. Caranya dengan menekan dan melepas tuas atau pedal rem secara cepat.

“Seperti dikocok, tarik dan lepas tuas remnya. Mirip dengan sistem ABS (anti-lock braking system). ABS itu cara kerjanya seperti itu, tapi otomatis,” tuturnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Lakukan Hal Ini, Dijamin Rem Motor Enggak Blong
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top