Senin, 18 Desember 2017 |
News Room - Peristiwa

Lagi, Mahasiswa Banten Demo Memprotes Kebijakan Jokowi

Senin, 16 Jan 2017 | 19:20 WIB Dibaca: 1201 Pengunjung

Forum Mahasiswa Untirta Bersatu (FMUB) menggelar unjuk rasa di depan gerbang Kampus Untirta Banten, Senin (16/1/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Elemen mahasiswa  di Banten kembali berunjuk rasa mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintahan Jokowi-JK yang dinilai tidak pro rakyat. Kali ini, unjuk rasa dilakukan Forum Mahasiswa Untirta Bersatu (FMUB) di depan gerbang Kampus Untirta Banten.

Elemen mahasiswa itu terdiri dari organisasi PMII, HMI MPO, GMNI, UMC, Cempaka, NDP dan Sapma, dan GMNI Komisariat Untirta. Mereka mengkritik, dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menyengsarakan rakyat.

"Kebijakan yang diambil Jokowi sangat tidak merakyat, mulai dari kenaikan bahan pokok dan biaya pendidikan yang mahal,” kata koordinator aksi Rizky Alfianto, di depan gerbang Kampus Untirta Banten, Pakupatan, Kota Serang, Senin (16/1/2017).

Yang menyakitkan, kebijakan penghapusan subsini bagi rakyat oleh pemerintah berbarengan dengan kebijakan pengampunan bagi para pengemplang pajak. Presiden Jokowi juga dianggap lebih pro terhadap asing.

Berita terkait: Aksi KAMMI Banten, 'Jokowi Kamu Jahat'

“Alih-alih mendatangkan investor ke dalam negeri, justru kebijakan itu memperberat beban hidup rakyat. Berapa banyak lagi kesengsaraan yang akan dibut oleh pemerintah,” kata Dekardo Manalu,  perwakilan mahasiswa peserta aksi.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi justru semakin memperparah kesengsaraan rakyat miskin. Subsidi listrik yang sejatinya diperuntukkan bagi masyarakat kalangan bawah, justru dicabut dan dialihkan menjadi kebijakan lain.

Peringati Peristiwa Malari

Dalam aksi ini, mahasiswa juga turut memperingati peristiwa Malapetaka 15 Januari (Malari) 43 tahun silam. Mereka mengingat kala itu mahasiswa dan masyarakat sipil menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang yaitu Tanaka Kakuei dengan berdemonstrasi dan berhasil digagalkan.

“Jika peristiwa Malari yang dipimpin bang Hariman Siregar saja bisa mengoyak pemerintah, kenapa tidak kita kembali membumi hanguskan kebijakan Presiden Jokowi yang tidak pro terhadap rakyatnya,” ujar Wakil Presiden Mahasiswa Untirta, Rizky Alfianto.

Sebagai aksi protes, mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan ‘Rapor Merah untuk Jokowi-JK’ dan keranda berkain hitam denga tulisan ‘Keadilan’. Dalam aksi ini, mahasiswa berharap Presiden Jokowi benar-benar mewujudkan Trisakti serta menolak industri e-Commerce yang tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 14. [vredo/firman]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lagi, Mahasiswa Banten Demo Memprotes Kebijakan Jokowi
Top