Sabtu, 16 Februari 2019 |
News Room - Peristiwa

Lagi, Dukun Palsu di Tangerang Keruk Uang Korban Puluhan Juta Rupiah

Jumat, 02 Jun 2017 | 12:03 WIB Dibaca: 993 Pengunjung

Barang bukti uang dan kacang hijau yang diamankan dari pelaku dukun palsu di Tangerang. Kamis (1/6/2017)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Kasus penipuan bermodus dukun yang bisa mengobati macam - macam penyakit kembali terjadi di Tangerang. Tersangka penipuan berhasil diciduk aparat Polsek Panongan, Kabupaten Tangerang.

Pelaku yang diamankan yakni lelaki berinisial SD (54) beralamatkan di Kampung Cempaka RT 06 / RW 01 Desa Kresek, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang. Tersangka dibekuk aparat di kediamannya pada Rabu (31/5/2017).

"Pelaku berpura - pura bisa mengobati segala macam penyakit," ujar Kapolsek Panongan, AKP Trisno T Uji di ruang kerjanya, Kamis (1/6/2017).

Diketahui korban merupakan pasangan suami istri. Mereka di antaranya Nurhasan (42) dan Aida (38).

Trisno menjelaskan korban diajak check in oleh tersangka di Hotel Amaris Citra Raya, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, tujuannya untuk mengobati penyakit Nurhasan yang terkena guna - guna.

"Kemudian pelaku meminta agar melakukan ritual," ucapnya.

Pasangan suami istri ini disuruh untuk duduk di kamar hotel. Lalu diminta meletakan uang sebesar Rp20 juta dan kacang hijau sebagai persyaratan.

"Selanjutnya korban disuruh oleh tersangka untuk memejamkan mata dan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 399 kali," kata Trisno.

Pelaku pun secara diam - diam menukar uang milik korban dengan uang fotokopian. Ia langsung membawa kabur uang itu dan pergi meninggalkan hotel.

"Kami mengecek CCTV hotel, dapat nopol kendaraan yang ditumpangi pelaku," ungkapnya. Polisi pun melakukan pengejaran. Hasil penyelidikan ternyata pelaku menggunakan transportasi UBER.

"Lalu kami meminta nomer telepon yang memesannya. Dilakukan pelacakan dan tersangka berhasil diamankan," imbuhnya.

Menurut Trisno, masih ada dua orang lagi yang terlibat dalam praktik dukun palsu ini. Mereka di antaranya AS (45) dan MW (35).

"Mereka sedang kami buru. Kedua orang ini yang memperkenalkan korban dengan dukun palsu yang sudah diamankan. Masih kami dalami dan kembangkan lebih lanjut," papar Trisno. [wtn]

Penulis: Wtn
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Lagi, Dukun Palsu di Tangerang Keruk Uang Korban Puluhan Juta Rupiah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top