Selasa, 22 Juni 2021 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Kurang 20.280 KTP, Calon Independen Berpeluang Lolos ke Pilgub Banten?

Minggu, 21 Agt 2016 | 11:05 WIB Dibaca: 1276 Pengunjung

Komisioner KPU Banten, Saeful Bahri di Media Center KPU Banten, Sabtu (20/8/2016). (Foto: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] – KPU Provinsi Banten telah menyelesaikan verifikasi administrasi data dukungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dari jalur perseorangan atau independen. Banyak data yang tidak memenuhi syarat, dan bakal calon diberi waktu untuk memenuhi kekurangan data dukungan tersebut.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Saeful Bahri mengatakan, dua bakal calon independen yakni pasangan Achmad Dimyati Natakusumah-Yemmelia serta pasangan Yayan Sofyan-Ratu Enong Raudatul Jannah harus mengganti data dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak dua kali lipat.

Saeful mengungkapkan, hasil verifikasi administrasi data dukungan menggunakan sistem informasi pencalonan (silon) ditemukan dukungan ganda dari pasangan Dimyati-Yemmelia sebanyak 10.279 KTP dan pasangan Yayan-Ratu sebanyak 223.374 KTP.

Hasil akhir verifikasi tersebut, jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat untuk pasangan Dimyati-Yemmelia hanya sebanyak 581.525 dukungan dan untuk pasangan Yayan-Ratu, 424.637 dukungan. Sementara diketahui, syarat minimal data dukungan bagi bakal calon independen adalah sebanyak 601.805 dukungan.

“Kalau dilihat dari angka minimal dukungan, kedua bakal calon ini sudah kurang. Apalagi kalau diverifikasi faktual, itulah pasti yang sangat memberatkan, tapi mau gimana lagi, ini perintah undang-undang,” kata Saeful Bahri di Kantor KPU Banten, Sabtu (20/8/2016).

Diketahui, sesuai ketentuan Pilkada, bakal calon perseorangan harus mengganti jika terjadi kekurangan data dari batas minimal jumlah dukungan yang sudah ditetapkan. Bakal calon harus mengganti dengan data yang baru dengan jumlah dua kali lipat dari kekurangan jumlah syarat dukungan.

Dengan begitu, pasangan Dimyati-Yemmelia yang memiliki data memenuhi syarat sebanyak 581.525 KTP, masih kurang 20.280 dukungan, dan harus menambah data dukungan sebanyak 40.560 fotokopi KTP dengan data yang baru.

Sementara untuk pasangan Yayan-Ratu yang memiliki data memenuhi syarat 424.637 dukungan, masih kurang 177.168 dukungan. Pasangan ini harus menambah data dukungan sebanyak 354.336 fotokopi KTP dengan data yang baru.

Selanjutnya dari tahapan hasil verifikasi administrasi, KPU Provinsi Banten melalui petugas PPS akan melakukan verifikasi faktual terhadap data-data dukungan yang tidak cocok dan tidak tercatat di dinas kependudukan dan catatan sipil. [Ahi/01]

Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Kurang 20.280 KTP, Calon Independen Berpeluang Lolos ke Pilgub Banten?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top