Selasa, 18 Desember 2018 |
News Room - Politik

Kuasa Hukum WH-Andika Siap Layani Tantangan Rano-Embay Jika 'Keukeuh' Menggugat

Senin, 20 Feb 2017 | 17:10 WIB Dibaca: 1376 Pengunjung

WH-Andika saat deklarasi kemenangan.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Berdasarkan hasil real count perolehan suara Pilgub Banten 2017, menempatkan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy sebagai pemenang. Selisih suara dengan kubu petahana Rano Karno-Embay Mulya Syarif cukup tipis, hanya 1,86 persen setara 87.737 suara.

Wahidin-Andika memperoleh 50,93 persen atau 2.405.603 suara. Sedangkan Rano-Embay mendulang 49,07 persen atau 2.317.866 suara.

Kuasa hukum Wahidin-Andika, Yusman Nur, mengatakan hasil penghitungan suara dalam Pilkada memang rawan digugat. Tapi untuk Pilgub Banten, sejatinya tidak bisa dipersoalkan bila merujuk pada Pasal 158 ayat 1 UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Alasannya, selisih suara sah dua pasangan calon lebih dari 1 persen.

Kendati begitu, pihaknya siap menghadapi kubu petahana bila tetap mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Bukti-bukti pun sudah disiapkan, seperti hasil real count, quick count, dan data-data dari KPU Banten.

"Kalau pun tetap ada gugatan, kami terima dan optimis menang. Bukti-bukti sudah kami siapkan, termasuk Pasal 158 itu," terang Yusman, Senin (20/2/2017).

Pihaknya juga punya bukti dugaan kecurangan yang diduga dilakukan kubu Rano-Embay. Salah satunya pembagian kaos bergambar Rano Karno saat berlangsungnya acara di SMA Tigaraksa Tangerang yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Kemudiaan dugaan kampanye hitam yang menyebut Wahidin-Andika membagi-bagikan mi instan pada malam sebelum pencoblosan. Panwas melakukan operasi tangkap tangan di sebuah rumah di Serang, dan mendapati mi instan bergambar pasangan nomor urut 1.

"Panwas melakukan OTT juga tanda tanya, karena panwas tugasnya pengawasan. Lagian itu orang yang ditangkap tidak termasuk dalam timnya Wahidin-Halim. Selain itu lagi, mi instan yang dimaksud belum dibagikan. Jadi terkesan ada kriminalisasi di sana terhadap kubu Wahidin-Andika," terangnya. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kuasa Hukum WH-Andika Siap Layani Tantangan Rano-Embay Jika 'Keukeuh' Menggugat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top