Kamis, 15 November 2018 |
News Room

KTP RI Diduga Palsu Kiriman Dari Kamboja Ditemukan di Gudang PT BGD

Kamis, 09 Feb 2017 | 11:32 WIB Dibaca: 3472 Pengunjung

KTP RI yang diamankan petugas di Terminal Kargo Bandara Soetta beberapa waktu lalu. (Ist)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Paket kiriman berisi puluhan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diduga palsu ditemukan di BGD Warehousing, Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Temuan ini cukup mengejutkan, karena terjadi menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 15 Februari mendatang.

KTP yang ditemukan di pergudangan milik PT Banten Global Development (BUMD Pemprov Banten) ini adalah paket kiriman yang berasal dari Kamboja dengan tujuan Jakarta Utara. Paket ini dikirim oleh jasa ekspedisi FedEx.

Di dalam paket kiriman tersebut, berisi puluhan lembar KTP dan setumpuk kartu NPWP yang diduga palsu. Untuk KTP, ada yang bergambar foto sama, namun identitas berbeda. Diduga, KTP ini akan dipergunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk ikut melakukan pemilihan di Pilkada serentak 2017.

Sebab, berdasarkan Peraturan KPU, warga yang tidak terdata di daftar pemilih tetap (DPT), bisa tetap memilih dengan menunjukkan KTP elektronik dan surat keterangan dari KPU setempat. Para pemilih yang menggunakan KTP diberi kesempatan untuk memilih di TPS pada pukul 12.00 s/d 13.00 WIB.

Manager BGD Warehousing, Agus Sutrisno membenarkan ada puluhan KTP dan NPWP yang diamankan oleh aparat berwenang dari pergudangan miliknya. “Iya benar, paket kiriman di gudang kami, yang kami sewakan ke pihak FedEx,” kata Agus Sutrisno.

Belakangan, penemuan KTP ganda dengan identitas berbeda juga terjadi dan menjadi topik utama di media sosial. “Kalau depdagri, bawaslu, KPU tidak menindaklanjuti KTP #banyak ini, tugas rakyat dalam pilkada nanti Awasi penggunaan E KTP etnis tertentu,” kata Andi Arief dalam akun twitter @andiariefaa.

Resi pengiriman paket berisi KTP yang diunggah akun Twitter @andiariefaa

Ia menuturkan, pemerintah, Bawaslu dan KPU sebaiknya melakukan penelusuran dan tidak langsung menyatakan temuan ini hoax tanpa melakukan penyelidikan. “Saya perjelas, ini bukti pengiriman melalui FedEx KTP, banyak berasal dari kamboja, tujuan jakarta,” jelas Andi yang juga menyertakan foto resi pengiriman.

Resi pengiriman paket yang berisi KTP dan NPWP diduga palsu itu tertanggal 31 Januari 2017, dengan penerima atas nama Leo yang beralamat di JL. Taman Surya V Blok GG4, No.17, Kelurahan Pegadungan, Jakarta.

Dengan temuan ini, Andi berhaap penggunaan e-KTP untuk melakukan pencoblosan di TPS pada pilkada 15 Februari mendatang harus betul-betul diawasi. [uis]

Penulis: Uis Adi Darmawan
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KTP RI Diduga Palsu Kiriman Dari Kamboja Ditemukan di Gudang PT BGD
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top