Jumat, 18 Januari 2019 |
News Gallery - Tekno

Kriteria Jas Hujan Ideal Buat Biker, Jangan Asal Pilih

Sabtu, 15 Des 2018 | 13:30 WIB Dibaca: 134 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Intensitas hujan yang terus meningkat di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jakarta dalam beberapa hari terakhir tentu perlu diwaspadai para pengendara motor. Salah satu perlengkapan wajib yang harus selalu dibawa saat berkendara ialah pakaian khusus yang dapat melindungi mereka dari guyuran air hujan.

Karena itu, jas hujan menjadi kebutuhan penting bagi pengendara sepeda motor. Terlebih padatnya aktivitas menuntut pengendara harus tempat waktu sampai tempat tujuan.

Saat ini terdapat berbagai jenis jas hujan, mulai dari jas hujan setelan atas bawah sampai jas hujan terusan yang dapat digunakan oleh pengendara dan orang yang dibelakang (boncenger). Lalu jas hujan seperti apa yang aman untuk pengendara sepeda motor?

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengungkapkan jas hujan yang aman untuk pengendara sepeda motor adalah jas hujan yang tidak mengganggu pengendara saat memacu kendaraannya.

"Memang jas hujan yang ideal itu tidak menghambat gerak pengendara. Jas hujan yang terdiri dari bagian celana dan bagian jaket bisa merupakan pilihan yang tepat,” katanya.

Selain itu, Jusri juga mengimbau seluruh pengendara sepeda motor untuk memilih warna yang dapat terlihat saat hujan deras. Hal ini penting untuk menghindari adanya kecelakaan karena jarak pandang saat hujan.

“Upayakan jas hujan yang digunakan memiliki warna cerah. Kalaupun menggunakan warna hitam pastikan jas hujan ada scotlight. Jangan gunakan jas hujan terusan karena bisa tersangkut pada ban motor yang berputar, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan," ujar Jusri. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kriteria Jas Hujan Ideal Buat Biker, Jangan Asal Pilih
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top