Jumat, 10 April 2020 |
News Room - Internasional

Kreator Konami Code Kazuhisa Hashimoto Meninggal Dunia

Sabtu, 29 Feb 2020 | 08:16 WIB Dibaca: 1271 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Programer dari Konami code, salah satu kode curang paling terkenal di dunia, Kazuhisa Hashimoto, dikabarkan telah meninggal dunia minggu ini pada usia 61 tahun.

Bagi kamu yang pernah main gim-gim lawas pasti sudah tidak asing lagi dengan kode buatannya, ↑ ↑ ↓ ↓ ← → ← → B, A, Start, yang mampu bertahan lebih dari tiga dekade hingga saat ini.

Sejumlah studio pun sering kali menyertakan easter egg mereferensikan kode cheat terkenal ini di dalam gim buatan mereka.

Kabar ini diumumkan oleh Konami yang merilis pernyataan sekaligus mengonfirmasi kabar kematian Hashimoto, dan mengirimkan belasungkawa kepada keluarganya.

"Kami sedih mendengar tentang meninggalnya Kazuhisa Hashimoto, sosok produser yang sangat berbakat," tulis Konami sebagaimana dikutip, Jumat (28/2/2020).

Konami code pertama kali muncul pada 1986 di gim portingan Gradius untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES).

Kode itu memberikan gamer akses ke sejumlah power-up, dan membuat gim lebih mudah untuk dimainkan.

Awalnya, Hashimoto membuat kode cheat itu karena dia merasa gim tersebut terlalu sulit untuk dimainkan selama pengembangannya.

Tentunya, Gradius bukan gim yang mempopulerkan kode cheat tersebut. Ia populer ketika muncul di gim Contra (1988). Memakai ini, gamer dapat menambah nyawa gamer di gim sebanyak 30.

Pengembang gim yang juga menyertakan Konami code ini, termasuk Teenage Mutant Ninja Turtles III: Proyek Manhattan, seri Dance Dance Revolition, Metal Gear Solid 2: Son of Liberty (2010), dan Castelvania: Lords of Shadows (2010).

Tak hanya dipakai di gim Konami, sejumlah gim lain seperti Mario Party juga menggunakan kode ini.

Kode ini juga muncul di gim lain, seperti BioShock Infinite, Borderlands 2, Anthem, dan Fortnite. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kreator Konami Code Kazuhisa Hashimoto Meninggal Dunia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top