Jumat, 04 Desember 2020 |
News Room

KPU Kota Serang Rancang TPS Berbasis Google Map

Sabtu, 30 Sept 2017 | 21:29 WIB Dibaca: 634 Pengunjung

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabruri setelah Rapat Koordinasi di Kantor KPU Kota Serang, Sabtu (30/9/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang sedang merancang tempat pemungutan suara (TPS) yang berbasis pada Google Map agar bisa digunakan pada pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018.

Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mambruri mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempermudah pemilih agar bisa menemukan TPS pada saat pencoblosan.

"Google map itu akan menentukan titik yang telah dibangun TPS, ini akan mempermudah yang ingin ke TPS, tinggal ketik nanti ada road mapnya, penunjuk arahnya, jadi banyak kemudahan," kata Fierly usai Rapat Koordinasi di Kantor KPU Kota Serang, Sabtu (30/9/2017).

Ia mengatakan, belajar dari Kota Makassar yang mempunyai 2.600 TPS, namun di Kota tersebut, penyelenggara Pemilu hanya membutuhkan waktu lima hari untuk menyesuaikan antara pemilih dan TPS yang akan disediakan oleh  google map tersebut.

"Kita dengan TPS yang tidak nyampe 500 ini, pemilih juga tidak nyampe 500.000, diprediksi hanya membutuhkan waktu dua hari, beres semua," terangnya.

Dengan demikian, lanjut Fierly, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menerapkan sistem tersebut.

"Harus ada kajian dari BPPT, karena ini kan ada penggunan satelit atau apalah istilahnya, saya kurang faham," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, jika agenda pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk daftar penduduk pemilih potensial Pemilu (DP4) dilakukan bulan Desember, dirinya merencanakan sistem tersebut bisa berjalan di bulan Januari 2018.

"Kalau Desember coklit, berarti Januari, kalau mau make google map harus disiapkan semuanya," pungkasnya [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Kota Serang Rancang TPS Berbasis Google Map
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top