Sabtu, 05 Desember 2020 |
News Room - Politik

KPU Kabupaten Serang Kembalikan Dua Berkas Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Senin, 09 Okt 2017 | 15:48 WIB Dibaca: 1222 Pengunjung

Petugas Teknis KPU Kabupaten Serang sedang memeriksa berkas pendaftaran milik Partai Perindo di KPU Kabupaten Serang, Senin (9/10/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengembalikan dua berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (9/10/2017).

Dua berkas tersebut merupakan milik DPD Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) Kabupaten Serang dan DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Serang.

"Kalau Partai Idaman, memang setelah dikonfirmasi ternyata hanya membawa data anggota saja, tapi tidak membawa fotokopi KTP dan fotokopi kartu anggota, berdasarkan PKPU nomor 11, kalau parpol calon peserta pemilu tidak dilengkapi dokumen, maka KPU belum bisa menerima itu," kata Ketua KPU Kabupaten Serang, M. Nasehudin  kepada awak media.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak menerima kedua berkas tersebut lantaran keduanya belum memenuhi persyaratan sebagimana tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

"Kalau Perindo, data yang ada di sistem informasi partai politik (Sipol-red) tidak sesuai dengan berkas hardcopy, ada kekurangan fotokopi KTP dan KTA, berdasarkan hasil itu, kami minta untuk dilengkapi dulu," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, di Sipol Partai Perindo memiliki 2.132 KTP dan KTA, namun setelah dicek, KTP tersebut hanya ada 2069 dan KTA hanya 2068. Artinya, Partai Perindo kekurangan 63 KTA dan 64 KTP.

"Bukan ditolak, ini hanya dikembalikan supaya dilengkapi lagi, kalau disimpan di sini, hawatir berkasnya berantakan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Serang, Djahudi mengaku akan melengkapi kekurangan tersebut, bahkan dirinya optimis partai besutan Harry Tanoe tersebut bisa lolos verifikasi dan bisa ikut di Pemilu 2019.

"Data di Sipol kan sudah melebih batas minimum dan kekurangannya akan kita selesaikan hari ini juga, kita optimis karena semuanya sudah siap," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Kabupaten Serang Kembalikan Dua Berkas Parpol Calon Peserta Pemilu 2019
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top