Kamis, 28 Januari 2021 |
News Room - Politik - Banten Memilih

KPU 'Goes to School' Sosialisasikan Bahaya Politik Uang di Pilkada Banten

Rabu, 12 Okt 2016 | 12:05 WIB Dibaca: 1297 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 Provinsi Banten ke sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Serang. Soal politik uang menjadi bahasan utamanya.

Sosialisasi dilakukan kepada pelajar SMA Negeri 1 Kibin, Kabupaten Serang, Selasa (11/10/2016). Komisioner KPU Kabupaten Serang, Abidin Naser mengingatkan bahaya politik uang dalam Pilkada 2017 di Provinsi Banten.

Para pelajar sebagai pemilih pemula diharapkan bisa menjadi pemilih yang cerdas, dan Pilkada Banten nanti menjadi pemilu yang baik.

"Pemilu yang baik di Banten ini adalah pemilu yang tanpa adanya money politic. Oleh karenanya bahaya politik uang tersebut sangat penting untuk dijelaskan kepada anak-anak sebagai salah satu segmen pemilih pemula. Pemilih pemula ini rentan," kata Abidin.

Menurut dia, pembahasan soal politik uang dalam setiap pemilu sudah berkembang di masyarakat sejak lama. Naser berharap partisipasi pemilih meningkat bukan karena iming-iming uang.

“Isu di masyarakat apabila ada duitnya baru saya pilih, dan kalau enggak ada duitnya, enggak mau milih. Justru ini akan menghancurkan nasib bangsa,” tutur Naser.

Ia pun menyatakan pemilih yang memilih hanya berdasarkan uang yang diberikan, adalah bukan karakter pemilih yang cerdas.

Kepala SMA Negeri 1 Kibin, Endang Suhendar mengapresiasi adanya kegiatan 'KPU Goes to School' dilakukan di sekolahnya. Selain bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula, kata dia, kegiatan ini juga bisa memberikan pengetahuan kepada pelajar yang merupakan calon pemilih.

"Mudah-mudahan mereka bisa terhindar dari politik uang dan sebagainya. Diharapkan mereka menjadi pemilih cerdas," katanya. [PK/02]

Penulis: Newsmedia
Editor: Redaktur-02
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

KPU 'Goes to School' Sosialisasikan Bahaya Politik Uang di Pilkada Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top