Kamis, 17 Oktober 2019 |
News Room - Banten Memilih

KPU Banten Dirikan Rumah Pintar Pemilu, Masyarakat Boleh Mampir

Selasa, 15 Nov 2016 | 13:42 WIB Dibaca: 850 Pengunjung

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro saat meresmikan Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Provinsi Banten, Selasa (15/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kantor KPU Provinsi Banten, Selasa (15/11/2016). Sarana itu dibuat untuk meningkatkan partisipasi pemilu.

Komisioner KPU Banten, Enan Nadia, selaku ketua pelaksana mengatakan, kehadiran Rumah Pintar Pemilu bertujuan untuk mendidik masyarakat atas pentingnya Pemilu dan demokrasi dengan sasaran pemilih pemula dan seluruh segmen masyarakat.

"Rumah pintar adalah konsep pendidikan pemilih yang memanfaatkan ruang kosong yang meliputi materi pemilu, seperti ruang simulasi, ruang diskusi, ruang audio visual, materi sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi, sistem pemilu tahapan pemilu peserta pemilu, proses pemilu dan juga profil pemilu serta uji pengetahuan tentang pemilu," kata Enan usai peresmian.

Sementara itu, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro mengatakan, rumah pintar pemilu merupakan program nasional yang diadakan di setiap KPU daerah.

"Secara sederhana, rumah itu bisa diartikan sebagai tempat, wadah di mana orang yang datang ke rumah itu menjadi pintar, menjadi paham, tahu dan mengerti apa itu politik, apa itu demokrasi khususnya apa itu pemilu," ujarnya.

Rumah pintar pemilu ini, kata Juri, menjadi sarana untuk memfasilitasi masyarakat luas, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang pemilu.

"Makanya rumah pintar ini harus didesain agar orang yang datang bisa betah dan mengetahui tentang pemilu," tuturnya.

Juri berharap Rumah Pintar Pemilu ini juga harus mengkreasikan kegiatan atau program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti lomba cerdas cermat, lomba menulis dan lainnya.

"Yang terpenting bisa merangsang masyarakat untuk berpartisipasi pada Pilkada Banten 2017," terangnya.

Selain itu, Juri juga mengajak kepada seluruh masyarakat Banten untuk kembali meramaikan tempat pemungutan suara (TPS) pada 15 Februari 2017 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk periode lima tahun ke depan.

Juri prihatin karwna akhir-akhir ini, masyarakat menganggap pemilu merupakan sesuatu hal yang sudah tidak penting lagi.

"Mari dorong masyarakat untuk menjadikan pemilu ini sebagai sarana untuk memilih orang yang benar untuk memimpin kita semua," tandasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Banten Dirikan Rumah Pintar Pemilu, Masyarakat Boleh Mampir
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top