Senin, 17 Desember 2018 |
News Room - Politik - Banten Memilih

KPU Banten akan 'Patahkan' Gugatan Rano-Embay di MK

Senin, 20 Mar 2017 | 19:06 WIB Dibaca: 1107 Pengunjung

Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri. (Dok: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] - KPU Provinsi Banten telah siap melakukan pembuktian kepada Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan yang diajukan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief terkait hasil Pilkada Banten 2017. Pembuktian dan jawaban akan disampaikan dalam persidangan di MK, Selasa (21/3/2017) besok.

Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri mengatakan, pihaknya telah menyusun jawaban, daftar dan alat bukti untuk menjawab gugatan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief di MK. Ia menegaskan, pelaksanaan Pilkada Banten 2017 telah berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Syaeful juga membantah adanya beberapa kecurangan di Pilkada Banten 2017 sebagaimana yang dipersoalkan atau digugat pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief. Ia mengatakan, jawaban dan pembuktian tersebut akan dilakukan KPU sebagai pihak termohon atas gugatan sengketa hasil Pilkada Banten 2017.

“Itu tidak benar ada surat suara palsu, ada pemilih siluman. Pokoknya semua jawaban kita, bantahan dan bukti-bukti sudah disampaikan ke panitera MK dan sudah diterima tadi siang, tinggal besok kita mengikuti persidangan di MK,” kata Syaeful ditemui NEWSmedia di ruang kerjanya, Senin (20/3/2017).

Ia mengungkapkan, ada tiga dokumen yang telah disampaikan ke panitera MK, yaitu berupa jawaban terhadap pokok perkara permohonan pemohon, kemudian daftar bukti dan alat bukti.

“Kita yang hadir kuasa hukum minimal dua orang, Komisioner KPU Banten maksimal empat orang, dan beberapa komisioner KPU Kota Tangerang, dan kita persiapkan juga saksi, boleh dihadirkan langsung, karena besok itu kan pengesahan jawaban, daftar bukti dan alat bukti, sambil kita sampaikan secara lisan juga jawabannya,” terangnya.

Baca juga: MK Mulai Sidangkan Sengketa Pilkada Banten, Gugatan Rano-Embay ‘Salah Alamat’

Syaeful kembali menegaskan, bahwa seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Banten 2017 dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana aturan perundang-undangan dan peraturan KPU.

“Pokoknya kita pastikan pekerjaan kita dapat dipertanggungjawabkan, dan kita prinsipnya tidak membela yang menang atau istilahnya kita melawan yang menggugat. Prinsip KPU melayani,” ucap Syaeful. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Banten akan 'Patahkan' Gugatan Rano-Embay di MK
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top