Jumat, 18 Agustus 2017 |
News Room - Hukum

KPK Tetapkan Setnov Sebagai Tersangka Baru Mega Korupsi e-KTP

Senin, 17 Jul 2017 | 19:47 WIB Dibaca: 134 Pengunjung

Setya Novanto (Illustrasi/Doc:Tempo)

JAKARTA, [NEWSmedia] - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus proyek e-KTP. Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka.

"KPK menetapkan saudara SN, anggota DPR periode 2009-2014 sebagai tersangka terbaru kasus e-KTP," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Penetapan ini dilakukan setelah KPK mencermati persidangan kasus ini dengan terdakwa Sugiharto dan Irman.
 
"Ada bukti permulaan yang cukup untuk penetapan tersangka baru," ujar Agus.

Sejak awal kasus ini masuk ke persidangan, nama Setya Novanto memang disebut jaksa dalam surat dakwaan untuk terdakwa korupsi proyek e-KTP. Setya disebut bersama-sama dengan 6 orang lainnya termasuk dua terdakwa e-KTP.

Dalam surat dakwaan untuk dua terdakwa Sugiharto dan Irman disebutkan, Setya Novanto bersama-sama melakukan korupsi dengan Irman dan Sugiharto, terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP. Peran Novanto dibeberkan jaksa KPK untuk mendorong fraksi-fraksi di DPR agar mendukung proyek itu.

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantan Tindak Pidana Korupsi.

"Terhadap saudara SN disangkakan melanggar Pasal 3 atau 2 ayat 1 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana," kata Agus Rahardjo.

Agus menjelaskan, Setya Novanto diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan e-KTP. Mulai dari perencanaan hingga, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa.

"Saudara SN melalui AA diduga memiliki peran baik dalam proses perencanan pembahasaan anggaran pengadaan barang dan jasa," jelas Agus. [red/dtc]

Penulis: Red/dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

KPK Tetapkan Setnov Sebagai Tersangka Baru Mega Korupsi e-KTP
Dinsos
Top