Rabu, 28 Oktober 2020 |
News Room - Pemerintahan

Kota Tangerang Ditetapkan Sebagai Kota Tersehat se-Provinsi Banten

Jumat, 07 Apr 2017 | 15:21 WIB Dibaca: 1049 Pengunjung

Salah satu landmark yang ada di Kota Tangerang

TANGERANG, [NEWSmedia] – Berdasarkan keputusan Gubernur Banten No. 002.6/ Kep.85-Huk/2017 tentang penetapan dan pemberian penghargaan kepada Kabupaten/Kota sehat tingkat Provinsi Banten tahun 2016, Kota Tangerang ditetapkan sebagai Kabupaten/ Kota tersehat tingkat Wistara dengan 7 tatanan.

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang, mudah mudahan ini bisa menjadi pemicu kita dalam menjalankan tugas lapangan untuk melakukan gerakan gerakan sehat,” ucap Sekda Banten, Ranta Suharata, saat membuka rapat koordinasi teknis program kesehatan masyarakat tingkat provinsi dan pemberian penghargaan pemenang Kabupaten/ Kota Sehat tahun 2016, di Arya Duta Hotel Karawaci, Kamis malam (6/4/2017).

Selain Kota Tangerang yang menyabet kabupaten/kota tersehat dengan 7 tatanan, disusul oleh Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon dengan 5 tatanan, Kota Tangerang Selatan dengan 4 tatanan, serta Kabuaten Serang untuk 2 tatanan.

Pada kesempatan tersebut Sekda juga menjelaskan, salah satu tujuan rapat koordinasi teknis seperti ini adalah untuk mewujudkan koordinasi dan integritas program kesehatan masyarakat di Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/ Kota guna percepatan pencapaian Indonesia sehat dan sasaran RPJMD 2017-2022 di provinsi Banten.

Selain itu, lanjut Ranta, pembinaan kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi yang tentunya juga berdampak pada indeks pembangunan manusia (IPM).

“Dalam pengukuran IPM, kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan. Dalam undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan menjadi salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan oleh setiap orang, baik secara sosial maupun ekonomi,” ujarnya.

Hadir pada Rakor tersebut Direktur Jenderal  Kesehatan masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan RI, dr. Anung Sugihartono, Kapala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota, Kepala Puskesmas Kabupaten/ Kota serta para penanggung jawab program kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Banten. [NM]

Penulis: Nm
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Kota Tangerang Ditetapkan Sebagai Kota Tersehat se-Provinsi Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top