Senin, 26 Februari 2018 |
News Room - Internasional

Korut Diduga Ujicoba Rudal Balistik Antar Benua

Selasa, 28 Mar 2017 | 11:39 WIB Dibaca: 557 Pengunjung

PYONGYANG, [NEWSmedia] – Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menguji coba mesin roket mereka. Sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) menganggap uji coba itu sebagai bagian dari program pengembangan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Uji coba tersebut merupakan lanjutan dari uji coba mesin roket sebelumnya yang berlangsung pada Minggu 19 Maret 2017. Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, menyatakan uji coba tersebut sebagai sebuah gelaran hebat dari sejarah yang signifikan bagi industri roket negaranya.

Diwartakan Reuters, Selasa (28/3/2017), sejumlah pejabat AS yang namanya enggan disebutkan menuturkan, uji coba mesin roket itu berlangsung pada Jumat 24 Maret malam waktu Korut. Mereka menduga mesin tersebut akan digunakan untuk rudal balistik antarbenua.

Usai uji coba sebelumnya, media milik pemerintah Korut mengatakan mesin tersebut akan membantu mencapai kemampuan peluncuran satelit berkelas dunia. Pernyataan itu seakan mengindikasikan bahwa mesin tersebut adalah tipe baru dari mesin roket untuk rudal jarak jauh.

Sejumlah pengamat meyakini Korut sudah beberapa kali menguji coba mesin roket dan pelindung panas untuk rudal balistik antarbenua. Di waktu bersamaan, Pyongyang juga mengembangkan teknologi untuk memandu rudal setelah memasuki atmosfer bumi setelah diluncurkan.

Korut sendiri mengklaim uji coba mesin roket itu dilakukan untuk program luar angkasa. Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un diketahui memiliki ambisi besar untuk menempatkan satelit komunikasi geostasioner pertama Korut di orbit bumi dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Korut juga berambisi mendaratkan seseorang di bulan dalam waktu 10 tahun. [okz/reu]

Penulis: Okz | Reu
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Korut Diduga Ujicoba Rudal Balistik Antar Benua
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top